Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monti Segera Mundur

Kompas.com - 10/12/2012, 02:35 WIB

ROMA, Minggu - Pemilu di Italia yang dipercepat sebaiknya tidak mengganggu jalannya agenda reformasi yang sebelumnya telah disusun Perdana Menteri Mario Monti. Jika agenda ini diganggu kepentingan politik, dampak krisis Eropa akan semakin besar risikonya.

Demikian ditegaskan Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso dalam wawancara dengan harian bisnis Italia, Il Sole 24 Ore, yang dipublikasikan di Roma, Italia, Minggu (9/12).

”Pemilu mendatang di Italia seharusnya tidak mengabaikan langkah reformasi ekonomi yang telah diambil. Keadaan pasar yang relatif tenang bukan berarti kita telah keluar dari krisis,” ujar Barroso.

Sehari sebelumnya, PM Italia Mario Monti menyatakan akan segera mundur dari jabatannya setelah rancangan anggaran tahun 2013 disetujui parlemen. Rencana pengunduran diri Monti ini membuat pemilu kemungkinan besar akan dilaksanakan awal tahun depan.

”Saya yakin pemerintahan apa pun yang akan meneruskan saya akan mendengarkan keinginan rakyat. Saya yakin tak akan ada upaya untuk menghancurkan apa yang telah kita lakukan untuk menyelamatkan keuangan publik Italia,” ujar Monti.

Pernyataan Monti yang mengejutkan itu muncul dua hari setelah partai mantan PM Silvio Berlusconi menarik dukungannya terhadap pemerintahan teknokrat pimpinan Monti. Pernyataan itu keluar beberapa jam setelah Berlusconi menyatakan akan kembali maju mencalonkan diri sebagai PM.

Pencalonan diri Berlusconi ini merupakan yang kelima kali dalam dua dekade terakhir ini. Berlusconi sudah tiga kali menjadi PM Italia. Oktober lalu, Berlusconi menyatakan tak akan mencalonkan diri lagi. Dalam kesempatan tersebut, dia menyatakan, partainya akan menyerang kebijakan ekonomi Monti.

Parlemen bersiap meloloskan rancangan anggaran keuangan negara sekitar Natal ini. Dengan demikian, kemunduran Monti kemungkinan besar akan membuat pemilihan umum segera dilaksanakan selambat-lambatnya Februari mendatang.

Pemilu harus dilaksanakan tidak lebih dari 70 hari setelah Presiden Italia Giorgio Napolitano membubarkan parlemen.

Rencana pengunduran diri Monti ini seakan membuat jalan Berlusconi kembali ke pemerintahan semakin mulus. Berlusconi berusaha membuat partainya kembali berkuasa hanya satu tahun setelah dia dipaksa mundur karena terlibat skandal seks dan krisis utang Italia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com