Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes Anti-Presiden Mursi Diwarnai Bentrokan

Kompas.com - 05/12/2012, 12:20 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Polisi di ibu kota Mesir, Kairo, terlibat bentrok dengan pengunjuk rasa yang menentang konstitusi baru dan perluasan kekuasaan Presiden Mursi. Puluhan ribu orang berkumpul di luar istana presiden sejak Selasa (4/12/2012).

Polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan kerumunan. Sejumlah demonstran berhasil memotong kawat berduri di sekitar istana.

Mursi semula berada di istana, tetapi ia dievakuasi seiring dengan bertambah banyaknya pengunjuk rasa. Sebagian pengunjuk rasa meneriakkan slogan yang sama dengan slogan terhadap rezim mantan Presiden Hosni Mubarak saat revolusi Februari 2011.

Gas air mata ditembakkan setelah kawat berduri yang mengelilingi istana dipotong. Namun, polisi mundur dengan cepat dan membiarkan massa mendekati dinding istana.

Delapan belas orang terluka dalam bentrokan ini, tetapi tidak ada yang menderita luka serius. Demikian dilaporkan kantor berita Mena.

Kerumunan massa masih bertahan di luar istana, sedangkan ribuan orang lainnya berkumpul di Lapangan Tahrir.

"Kami tidak akan bisa berbicara, tidak akan ada pengadilan yang bisa kami datangi," kata seorang demonstran, Israa Wafid, pada Reuters.  "Ia membuat benteng dan mengatakan benteng ini sifatnya sementara, sesuatu yang tidak bisa kami percaya. Kami telah dikhianati selama 30 tahun. Kami tidak akan memercayai Morsi. Ia akan terus berada di takhtanya dan tidak akan pergi."

Dalam pernyataan yang dibacakan di televisi, pasukan keamanan Mesir meminta pengunjuk rasa agar tenang. Protes juga terjadi di kota terbesar kedua di Mesir, Alexandria.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com