Kompas.com - 04/12/2012, 18:44 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Juru bicara Armada Ke-5 Amerika Serikat Komodor Jason Salata, Selasa (4/12/2012), mengatakan tak ada satu pun pesawat pengintai tanpa awak atau drone milik AS yang hilang di Timur Tengah. Pernyataan ini menyusul klaim Iran yang mengatakan berhasil menangkap salah satu drone milik AS.

Salata mengatakan seluruh drone AS yang ada di kawasan itu sudah dihitung jumlahnya. Dia meragukan pernyataan Iran yang mengatakan drone ScanEagle memasuki wilayah udara Iran.

"Operasi militer AS di Teluk Persia terbatas para perairan dan wilayah udara internasional," kata Salata yang bersama Armada ke-5 AS berbasis di Bahrain.

Dia menambahkan beberapa drone jenis ScanEagles memang pernah jatuh ke laut di masa lalu, namun dipastikan tidak ada drone yang jatuh dalam beberapa hari terakhir ini.

Selain Amerika Serikat, sejumlah negara di Teluk Persia juga mengoperasikan drone jenis ScanEagles, misalnya Uni Emirat Arab.

Sebelumnya, Pasukan Pengawal Republik Iran mengklaim berhasil menahan sebuah drone milik AS yang memasuki wilayah udara negeri itu.

Komandan Angkatan Laut Pengawal Republik, Ali Fadavi mengatakan kepada televisi pemerintah Iran, drone itu kini dalam kekuasaan Iran. Namun, sejauh ini tidak dijelaskan kapan, di mana dan bagaimana drone itu bisa ditangkap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.