Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS: Tak Ada Drone yang Hilang

Kompas.com - 04/12/2012, 18:44 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Juru bicara Armada Ke-5 Amerika Serikat Komodor Jason Salata, Selasa (4/12/2012), mengatakan tak ada satu pun pesawat pengintai tanpa awak atau drone milik AS yang hilang di Timur Tengah. Pernyataan ini menyusul klaim Iran yang mengatakan berhasil menangkap salah satu drone milik AS.

Salata mengatakan seluruh drone AS yang ada di kawasan itu sudah dihitung jumlahnya. Dia meragukan pernyataan Iran yang mengatakan drone ScanEagle memasuki wilayah udara Iran.

"Operasi militer AS di Teluk Persia terbatas para perairan dan wilayah udara internasional," kata Salata yang bersama Armada ke-5 AS berbasis di Bahrain.

Dia menambahkan beberapa drone jenis ScanEagles memang pernah jatuh ke laut di masa lalu, namun dipastikan tidak ada drone yang jatuh dalam beberapa hari terakhir ini.

Selain Amerika Serikat, sejumlah negara di Teluk Persia juga mengoperasikan drone jenis ScanEagles, misalnya Uni Emirat Arab.

Sebelumnya, Pasukan Pengawal Republik Iran mengklaim berhasil menahan sebuah drone milik AS yang memasuki wilayah udara negeri itu.

Komandan Angkatan Laut Pengawal Republik, Ali Fadavi mengatakan kepada televisi pemerintah Iran, drone itu kini dalam kekuasaan Iran. Namun, sejauh ini tidak dijelaskan kapan, di mana dan bagaimana drone itu bisa ditangkap.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com