Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 115.000 Pengungsi Suriah di Lebanon

Kompas.com - 12/11/2012, 16:12 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Laporan termutakhir Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) menunjukkan ada 115.000 pengungsi Suriah di Lebanon. Para pengungsi itu sudah menerima bantuan kemanusiaan.

Kendati demikian, tulis AP pada Senin (12/11/2012), masih ada koordinasi yang kurang sesuai antara pemerintah setempat dengan pihak UNHCR. Makanya, pengiriman bantuan kemanusiaan acap mengalami kendala.

Sementara itu, lembaga tersebut mencatat masih ada 11.000 warga Suriah yang masih mencari tempat pengungsian di berbagai negara tetangga. "UNHCR mempercepat pembangunan penampungan pengungsi dan pos-pos logistik bantuan kemanusiaan," kata pihak lembaga itu.

Secara rinci, dari jumlah 115.000 itu, ada 83.860 warga Suriah yang sudah terdaftar sebagai pengungsi di Lebanon. Lalu, sekitar 31.000 sisanya masih dalam proses pendaftaran mendapat status pengungsi.

Menurut kelompok aktivis lokal, setidaknya masih ada ribuan pengungsi lainnya yang tidak tercatat di UNHCR. Sementara, lembaga PBB itu membuka pos pendaftaran pengungsi di Sidon, selatan Lebanon, pada akhir Oktober 2012. Di pos itu terdaftar 1.465 orang Suriah berstatus pengungsi. Lalu, masih ada 1.600 lainnya dalam proses.


 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com