Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liga Arab: Tipis, Harapan Gencatan Senjata di Idul Adha

Kompas.com - 22/10/2012, 15:06 WIB

DUBAI, KOMPAS.com — Deputi Sekjen Liga Arab Ahmed Ben Helli mengatakan, harapan bakal adanya gencatan senjata di Suriah pada perayaan Idul Adha "tipis", Senin (22/10/2012).

Berbicara di sela-sela Forum Energi Dunia di Dubai, Ben Helli mengatakan gencatan senjata semakin tidak mungkin karena tanda-tanda, baik dari lapangan maupun oleh pemerintah, tidak menunjukkan iktikad yang nyata untuk mengimplementasikan gencatan senjata.

"Sayangnya, harapan untuk menerapkan gencatan senjata selama Idul Adha masih tipis sejauh ini," katanya, seraya menambahkan bahwa upaya-upaya itu "dilakukan di semua level".

Utusan PBB-Liga Arab, Lakhdar Brahimi, mengatakan, Minggu (21/10/2012), pihaknya mengajukan pada kedua pihak dalam konflik di Suriah untuk mempertimbangkan gencatan senjata selama empat hari masa liburan Idul Adha, yang dimulai Jumat (26/10/2012).

Brahimi mengunjungi sejumlah negara yang berpengaruh dalam konflik tersebut selama pekan kemarin, termasuk Lebanon dan Iran. Dia memperingatkan kekerasan bisa menyebar dan membakar seluruh kawasan.

Pemberontakan terhadap Presiden Bashar al-Assad telah memasuki bulan ke-20 dengan jumlah korban tewas diperkirakan lebih dari 33.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com