Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Bom Atom di China Jadi Obyek Wisata

Kompas.com - 18/10/2012, 14:49 WIB

KOMPAS.com — Sebuah kawasan yang pernah menjadi lokasi pengetesan bom atom di China dikembangkan sebagai obyek wisata. Menurut kantor berita Xinhua, pemerintah daerah Xinjiang, lokasi pengetesan bom atom tersebut berada, mengeluarkan dana sebesar 6 juta yuan atau setara Rp 9,2 miliar untuk proyek pengembangan itu.

Daerah Xinjiang berada di barat laut China atau sekitar 3.000 kilometer dari Beijing. Proyek ini akan merubah situs itu dari tempat paling rahasia di China menjadi sebuah Malan Military Expo Park dalam rangka memamerkan sejarah militer negara tersebut.

Pemerintah setempat menyebutkan proyek ini juga untuk menarik wisatawan berkunjung ke Xinjiang. Konstruksi pembangunan sudah dimulai sejak Rabu (10/10/2012) yang lalu. Pusat militer Malan merupakan tempat penelitian. Malan juga merupakan lokasi pengetesan bom atom pertama yang pernah dimiliki oleh China pada Oktober 1964.

Kompleks seluas 100.000 kilometer persegi tersebut mulanya dibangun untuk kebutuhan militer di era tahun 1950-an. Pejabat setempat mengatakan kepada Xinhua bahwa laboratorium, kantor, dan barak untuk pegawai militer dan ilmuwan masih sesuai dengan kondisi aslinya.

Pusat militer Malan sebenarnya sudah terbuka untuk umum sebagai tempat wisata dan pusat pendidikan pada tahun 2005. Meski demikian, hanya sebagian tempat dari Malan yang terbuka untuk umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com