Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malala Diterbangkan ke Inggris

Kompas.com - 16/10/2012, 04:37 WIB

ISLAMABAD, SENIN - Malala Yousafzai (14), anak sekolah yang terluka parah ditembak Taliban, akhirnya diterbangkan ke Inggris, Senin (15/10), untuk menjalani proses perawatan lanjutan.

Malala terluka parah di bagian kepala setelah tiga anggota kelompok militan Taliban, Selasa pekan lalu, mencoba membunuhnya saat ia pulang sekolah di daerah tempat tinggalnya di Lembah Swat, Pakistan.

Selain Malala, dua teman sekolahnya juga terluka dalam serangan brutal itu, yang memicu kemarahan dan kecaman keras dari warga Pakistan dan dunia.

”Malala diberangkatkan ke luar negeri saat kondisinya tengah membaik dan optimal. Juga sebelum terjadi komplikasi lain yang belum terlihat,” ujar seorang sumber di militer Pakistan.

Malala diterbangkan dengan sebuah pesawat ambulans yang disediakan Uni Emirat Arab dari bandar udara Islamabad begitu fajar menyingsing.

Di dalam pesawat, Malala didampingi tim dokter spesialis. Rencana pemberangkatan itu sebelumnya dirahasiakan.

Informasi keberangkatan Malala baru disebarkan setelah pesawat lepas landas. Hal itu demi menjaga keamanan Malala.

Walau belum ada penjelasan resmi, Malala diyakini diterbangkan ke Birmingham, Inggris, untuk menjalani perawatan di Rumah Sakit Ratu Elizabeth.

Rumah sakit itu dikenal dengan fasilitas khusus perawatan tentara Inggris yang terluka serius di Afganistan.

Selain membutuhkan perawatan khusus untuk memulihkan Malala dari trauma psikologis, tim dokter juga mengupayakan pemulihan fisiknya.

Bagian tengkorak Malala yang rusak akibat tembakan akan diperbaiki atau diganti. Selain itu, saraf yang rusak juga berusaha direhabilitasi.

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague mengutuk serangan keji itu dan berkomitmen terus membantu Pakistan memerangi teroris. (AFP/AP/DWA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com