Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Ada Waktu 10 Hari untuk Yunani

Kompas.com - 09/10/2012, 09:04 WIB
Simon Saragih

Penulis

LUKSEMBURG, KOMPAS.com — Yunani harus memenuhi janji-janji yang diingkari soal reformasi ekonomi. Untuk itu, hanya ada waktu 10 hari bagi Yunani agar bisa menerima bantuan selanjutnya.

Intinya, Yunani harus melakukan reformasi ekonomi agar bisa menerima tahapan kucuran bantuan sebesar 31,5 miliar euro dari troika, IMF, Bank Sentral Eropa (ECB), dan Uni Eropa.

"Aksi adalah aksi," kata Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde di Luksemburg, Senin (8/10/2012). Dia mengadakan pertemuan dengan Eurogroup, julukan bagi pertemuan 17 menteri keuangan zona euro.

Perdana Menteri Luksemburg Jean-Claude Juncker, yang memimpin pertemuan Eurogroup, menegaskan bahwa bantuan untuk Yunani hanya bisa dikucurkan jika mengimplementasikan 89 persen rencana privatisasi. Janji itu batas akhirnya adalah 18 Oktober.

Perdana Menteri Yunani Antonis Samaras pada Jumat (5/10/2012) mengatakan, negaranya tidak bisa lagi menelan pil pahit lebih lanjut. Namun, dia juga mengatakan, keuangan negara kosong apabila kucuran bantuan tidak diterima.

Kanselir Jerman Angela Merkel berkunjung ke Yunani untuk menunjukkan solidaritas dan simpati kepada Yunani. Namun, Merkel tetap pada pendirian bahwa reformasi dan aksi efisiensi terhadap perekonomian harus dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com