Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar Australia Belajar Jaran kepang di Merapi

Kompas.com - 06/10/2012, 21:06 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com--Sebanyak 11 pelajar dari Newton Moore High School Australia Barat belajar kesenian "jaran kepang" di lereng Gunung Merapi di Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Sabtu.

Manajer Program Tlatah Bocah, Gunawan, di Magelang, mengatakan, pelajar tingkat SMP tersebut belajar menari jaran kepang di Sanggar Bangun Budaya, Dusun Sumber, Desa Sumber, Kecamatan Dukun.

Ia mengatakan, para pelajar didampingi tiga guru mereka mengikuti program studi wisata yang diselenggarakan sekolahnya.

"Mereka ke sini ingin mengetahui kebudayaan Indonesia dan mereka ingin langsung berlatih kesenian," katanya.

Di bawah bimbingan seniman Untung dan seniman lain dari Sanggar Bangun Budaya, lima siswa dan enam siswi Australia tersebut berlatih dengan semangat.

"Kebetulan hari ini di lereng Merapi hujan sehingga mereka belum puas belajar jaran kepang dan latihan akan dilanjutkan pada Selasa (9/10) setelah mereka mengunjungi Candi Borobudur," katanya.

Selain belajar jaran kepang, katanya, mereka di lereng Merapi juga berkunjung ke SMP Kanisius Sumber untuk berbagi wawasan dengan para siswa di sekolah tersebut. Mereka juga bermain basket bersama.

Gunawan mengatakan, usai travel warning bagi pelajar Australia berkunjung ke Indonesia pascabom Bali, studi wisata ini merupakan yang pertama diselenggarakan pihak sekolah di Australia.

Seorang guru pendamping, Stave, mengatakan anak-anak berlatih jaran kepang dengan gembira dan penuh semangat. "Kesenian jaran kepang ternyata sangat menarik karena enerjik dan atraktif," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com