Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Calon Haji Indonesia Meninggal di Arab Saudi

Kompas.com - 05/10/2012, 13:12 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

MEKKAH, KOMPAS.com — Jumlah calon haji asal Indonesia yang meninggal hingga Jumat (5/10/2012) pagi telah mencapai 10 orang.

Terakhir pada Kamis (4/10/2012) pukul 21.30 waktu Arab Saudi atau Jumat pukul 01.30 WIB, anggota jemaah yang meninggal adalah Sumirat Prayitno bin Karyono (53).

Sumirat yang tergabung dalam Kloter 17 embarkasi Jakarta meninggal dalam perjalanan dari Jeddah menuju Madinah. Menurut catatan medis kantor Misi Haji Indonesia di Mekkah, Sumirat terkena serangan jantung.

Di Mekkah saat ini 25 anggota jemaah haji menjalani rawat inap di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI). Tiga orang lainnya masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi karena serangan stroke dan gagal ginjal yang mengharuskan pasien cuci darah. Seorang pasien lainnya menderita sakit paru-paru.

Sampai dengan Kamis pukul 18.00 waktu Arab Saudi, telah tiba 30.508 calon haji asal Indonesia di Mekkah. Setiap hari jemaah terus berdatangan dari Madinah.

Mulai 6 Oktober 2012, rute perjalanan jemaah haji Indonesia tidak lagi melalui Madinah sebelum ke Mekkah, tetapi langsung dari Jakarta ke Mekkah, setelah tiba di Bandara King Abdul Azis Jeddah (sekitar 70 kilometer dari Mekkah).

Kedatangan jemaah haji dari seluruh dunia telah mulai tampak di Mekkah, yang diindikasikan dengan penuhnya jemaah shalat Magrib dan Isya di Masjidil Haram.

Indonesia tahun ini mendapat kuota 211.000 calon haji, masing-masing 194.000 orang untuk haji reguler dan 17.000 kuota haji khusus yang dulu lazim disebut sebagai haji ONH (ongkos naik haji) plus.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com