Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romney Kalahkan Obama dalam Debat Pertama

Kompas.com - 04/10/2012, 12:42 WIB

DENVER, KOMPAS.com — Mitt Romney mengungguli Presiden Barack Obama dalam debat pertama calon presiden AS yang digelar di Universitas Denver, Colodaro, Rabu (3/10) malam waktu setempat. Masih ada dua debat lagi pada bulan ini menjelang pemilu presiden pada 6 November.

Sebanyak dua pertiga orang yang menyaksikan debat itu berpikir calon dari Partai Republik tersebut memenangkan perdebatan, demikian menurut sebuah jajak pendapat nasional yang dilakukan seusai debat. Menurut survei CNN/ORC International yang dilakukan sesaat setelah perdebatan, 67 persen penonton debat yang ditanya mengatakan Romney memenangkan debat itu. Hanya satu dari setiap empat orang yang mengatakan Presiden Obama yang menang.

"Tidak ada calon presiden yang menduduki posisi 60 persen dalam jajak pendapat itu sejak pertama kali diadakan tahun 1984," kata Direktur Polling CNN Keating Holland.

Namun, hampir setengah dari penonton debat mengatakan debat itu tidak akan membuat mereka untuk memilih salah satu dari dua kandidat tersebut. Sebanyak 35 persen penonton mengatakan perdebatan itu membuat mereka lebih mungkin untuk memilih Romney, sementara hanya 18 persen yang mengatakan perdebatan itu akan membuat mereka lebih cenderung untuk memilih kembali Presiden Obama.

Dalam setiap 10 orang, enam orang mengatakan bahwa Presiden Obama melakoni debat itu lebih buruk dari yang diperkirakan, satu dari lima mengatakan bahwa Obama tampil lebih baik dari yang diharapkan. Bandingkan dengan 82 persen orang yang mengatakan bahwa Romney melakoni debat itu lebih baik dari yang diperkirakan. Hanya satu dari sepuluh orang yang merasa bahwa mantan gubernur Massachusetts itu melakukan perdebatan lebih buruk dari yang diperkirakan.

"Jajak pendapat ini tidak dan tidak dapat mencerminkan pandangan semua orang Amerika. Ini hanya pandangan dari orang-orang yang menyaksikan perdebatan dan karena itu tidak dapat menjadi sebuah indikasi bagaimana publik Amerika bereaksi terhadap debat Rabu malam dalam beberapa hari mendatang," kata Holland.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com