Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yusupandi, Jemaah Pertama Indonesia yang Wafat di Mekkah

Kompas.com - 02/10/2012, 13:16 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

 

MEKKAH, KOMPAS.com — Yusupandi bin Marjo Suwito (61), anggota jemaah haji kelompok terbang (kloter) tiga embarkasi Solo, anggota jemaah pertama yang wafat di Mekkah, Senin (1/10/2012) kemarin.

Enam anggota jemaah lainnya wafat selama di Madinah, dan dalam perjalanan dari Madinah ke Mekkah, pada musim haji tahun ini sejak keberangkatan pertama 21 September 2012.

"Yusupandi sempat melaksanakan seluruh proses umrah, sebelum meninggal pada Senin pukul 14.00 waktu setempat karena serangan jantung," kata Dr Imam Wahyudi dari Balai Pengobatan Haji Indonesia di Mekkah.

Dua anggota jemaah haji Indonesia lainnya yang wafat masing-masing Saodah Muawanah binti Katiran (58) yang mengembuskan napas terakhirl pukul 07.00 waktu Arab Saudi, dalam perjalanan dari Madinah ke Mekkah. Seorang anggota jemaah lainnya, Endang Rusmiatun binti Rusmin (50), meninggal di Masjid Nabawi, Madinah, pukul 18.30 hari Minggu (30/9/2012).

Endang tergabung dalam kloter 27 embarkasi Solo, sedangkan Saodah tergabung dalam kloter 13 embarkasi Surabaya.

Sampai dengan Senin kemarin telah tujuh anggota jemaah haji Indonesia meninggal, baik di Madinah, dalam perjalanan ke Mekkah, maupun Mekkah. Anggota jemaah yang lebih awal meninggal adalah Siti Rahmalia binti Yasin yang  berusia 67 tahun. Lainnya, Sumardi SM (55) dari embarkasi Solo, Indriano bin Khairunas (49) embarkasi Padang, Juju binti Lili Adinata (54) dari embarkasi Jakarta.

Pihak kesehatan di Misi Haji Indonesia, Daerah Kerja Mekkah, mengimbau jemaah haji agar menilai kesehatannya masing-masing dalam mengikuti ritual sunah haji. Bila kesehatan kurang fit, perlu dipertimbangkan penundaan ibadah yang menguras tenaga secara fisik tersebut sampai kesehatan pulih.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com