Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Polisi Afganistan Dilatih di Indonesia

Kompas.com - 27/09/2012, 09:50 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Duta Besar Afghanistan untuk Indonesia, Ghulam Sakhi Ghairat, senang dan mengapresiasi langkah Indonesia yang akan melatih sekitar 50 polisi Afganistan sebagai kerja sama pengembangan sumber daya manusia antara kedua negara.

"Ini merupakan langkah penting dalam persahabatan, dan bentuk solidaritas kedua negara untuk kedamaian dan stabilitas di dunia," kata Ghulam Sakhi Ghairat kepada kantor berita Antara di Jakarta, Rabu (26/9) malam.

Dia menyatakan Afganistan sangat mengapresiasi kerja sama meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di berbagai bidang. Pertemuan dengan Indonesia telah menghasilkan berbagai dukungan di bidang politik, sosial dan berbagai dukungan lainnya, kata Ghairat. "Kita sempat berunding di pertemuan internasional dan kami mendapat banyak dukungan, salah satunya untuk meningkatkan kapasitas SDM," ujarnya.

Karena itu, Afganistan tidak ragu untuk mengirimkan SDM agar bisa dilatih di bidang-bidang seperti pertahanan, kesehatan, perkebunan dan pendidikan serta kebudayaan. "Kita juga ingin terus mengembangkan kerja sama ini agar bisa berkelanjutan," katanya.

Di bidang pendidikan, Ghairat mengatakan 30 pelajar Afganistan akan datang setelah mendapat beasiswa pada tahun ini. Mereka datang dengan berbagai tujuan subjek pendidikan. "Ada teknik elektro, studi Islam, politik, hubungan internasional dan lainnya," katanya

Direktur Jendral Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Indonesia, Yuri Thamrin, menyatakan komitmen dan dukungan Indonesia untuk membantu pembangunan dan perdamaian di Afganistan dan dunia. "Kita telah menyepakati beberapa kerja sama. Kami sangat menyambut baik upaya perdamaian dan pembangunan di Afganistan. Kita akan bekerja bersama-sama," kata Yuri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com