Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mafia Pegang Kunci Penjara-penjara Meksiko

Kompas.com - 25/09/2012, 13:06 WIB
Simon Saragih

Penulis

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Kelompok mafia Meksiko menguasai 60 persen dari total 419 penjara di Meksiko. Kelompok ini bahkan memegang kunci kamar-kamar penjara dan bisa menyiksa para tahanan dari kelompok musuh.

Menurut laporan yang diluncurkan Komisi Nasional Hak-hak Asasi Manusia Meksiko, kelompok mafia itu juga meminta uang pengamanan dari para narapidana yang berada di kamar-kamar penjara. Laporan ini dipublikasikan pada Senin (24/9/2012) sehubungan dengan pelarian sejumlah narapidana dari sebuah penjara di negara itu.

Komisi itu mengunjungi sekitar 100 penjara di seantero Meksiko dan menemukan kondisi pengamanan yang memprihatinkan. "Sekitar 60 persen dari semua penjara itu memiliki kekuasaan tersendiri," menurut isi laporan komisi itu, yang disiarkan kantor berita AFP, Selasa (25/9/2012).

Dari penyelidikan itu juga ditemukan aktivitas jual-beli telepon genggam, senjata, dan makanan. Kondisi penjara-penjara itu tidak terbantahkan, sebagaimana terlihat dari mudahnya para narapidana melarikan diri. Ini juga terlihat dari seringnya pertempuran terjadi di sejumlah penjara.

Laporan itu muncul sepekan setelah terjadi pelarian 131 narapidana dari penjara di Piedras Negras, sebuah kota yang berbatasan dengan Amerika Serikat. Sebanyak 16 petugas keamanan, termasuk pimpinan penjara itu, ditangkap atas dugaan berperan mendukung pelarian tersebut.

Dalam dua tahun terakhir, sebanyak 521 narapidana berhasil melarikan diri dari penjara. Juga ada sebanyak 352 narapidana yang melakukan aksi bunuh diri.

Di sejumlah penjara juga ditemukan barang-barang haram, seperti narkotika, dan praktik pelacuran diperbolehkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com