Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah, Bisa Internet dan Kirim SMS dari Pesawat

Kompas.com - 12/09/2012, 20:37 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com -  Penumpang Singapore Airlines (SIA) sekarang bisa menggunakan telepon genggam dan internet bahkan saat pesawat tengah mengudara. Bahkan, untuk rute panjang sekalipun antara Singapura dan Newark dan Los Angeles.

Seperti termuat dalam CNNGo.com pada Jumat (7/9/2012), Konektivitas di dalam pesawat (In-Flight Connectivity) kini sudah tersedia di 14 armada yang dimiliki SIA termasuk Airbus A340-500s.

Penumpang dapat menggunakan internet di komputer atau iPad mereka, mengirim dan menerima email melalui smartphone atau peralatan elektronik lainnya, sampai mengirim dan menerima pesan singkat SMS dengan telepon genggam GSM.

Tentu, penggunaan internet tersebut dikenakan biaya. Teknologi ini hasil kerja sama dengan OnAir. Rencananya, dalam dua tahun kedepan, teknologi ini akan tersedia di semua armada SIA jenis Airbus A380-800, A340-500, dan Boeing 777-300ER.

Tarif promosi untuk internet di dalam pesawat ini adalah 25 dollar AS untuk data 30 megabyte dan 10 dollar AS untuk data 10 megabyte.

Selain SIA, maskapai lain juga sudah menyediakan koneksi internet melalui Wi-Fi dan layanan telepon untuk penumpang rute internasional. Maskapai-maskapai tersebut antara lain British Airways, Thai Airways, Oman Air, Cathay Pacific, Qatar Airways, Royal Jordanian, Lufthansa, Saudi Arabian Airlines, EgyptAir, Libyan Airlines, AirAsia, TAM, Aeroflot, Air New Zealand, TAP Portugal, dan Emirates.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com