Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palestina Berharap Dukungan GNB di PBB

Kompas.com - 30/08/2012, 07:31 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Rakyat Palestina berharap mendapat dukungan besar dari negara-negara anggota Gerakan Non-Blok (GNB) dalam upaya negara itu menjadi anggota PBB, kata Duta Besar Palestina untuk Teheran Salah Zawawi kepada Xinhua dalam satu wawancara pada Rabu (29/8/2012).

Di sela-sela pertemuan dua hari tingkat menteri KTT GNB ke-16, Zawawi mengatakan bahwa "Kami berharap untuk mendapatkan dukungan besar dari negara-negara anggota yang berbeda, dan kami berharap laporan akhir akan sangat berguna bagi kami."

Pada Selasa, pertemuan tingkat menteri membahas masalah Palestina, kata Zawawi.

Dia menambahkan, "Kami memutuskan untuk mempromosikan tujuan kita dengan PBB untuk mendirikan negara kita sendiri dan kemerdekaannya."

Zawawi meyakini sebagian besar anggota GNB bersimpati kepada perjuangan Palestina, sehingga tidak sulit untuk "mempromosikan tujuan kami di sini.... Tapi (upaya untuk keanggotaan) PBB adalah cerita lain."

Mengenai situasi keamanan di Timur Tengah saat ini, seperti kemungkinan serangan Israel terhadap fasilitas nuklir potensial yang dicurigai di Iran, Zawawi mengatakan, "Jika Israel menyerang Iran, mereka akan menderita akibat tindakan mereka sendiri."

Jika ada serangan, Iran pasti akan membalas, katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com