Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Tegaskan Dukungan untuk Suriah

Kompas.com - 27/08/2012, 10:15 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Kepala Keamanan Nasional Iran, Alaeddin Boroujerdi, Minggu (26/8/2012), mengatakan bahwa negaranya melawan setiap intervensi asing di Suriah. Ia juga menekankan, KTT Gerakan Non-Blok yang akan diselenggarakan di Teheran bertujuan menciptakan kesempatan guna membantu menyelesaikan krisis Suriah yang sudah berlangsung 18 bulan.

Boroujerdi membuat pernyataan itu setelah sejumlah pertemuan yang diadakan pada Minggu di ibu kota Suriah, Damaskus. Di sana ia bertemu dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad, wakilnya Farouq al-Shara’a dan Menteri Luar Negeri Walid al-Moallem.

Pembicaraan mereka menyinggung prakarsa terbaru Iran, yang akan dibahas di KTT Gerakan Non-Blok di Teheran. Kepala keamanan Iran itu, dalam kunjungan dua hari ke Suriah, mengeluarkan kecaman pedas terhadap Amerika Serikat dan sekutu regionalnya serta menuduh mereka tidak mendukung solusi politik untuk menyelesaikan krisis itu tetapi justru mendorong militerisasi krisis.

Dia menegaskan dukungan negaranya terhadap Suriah. Ia mengatakan, "Kami berada pada kesiapan penuh untuk berdikusi dengan oposisi Suriah dengan partisipasi pemerintah Suriah, dan kami berpikir bahwa satu-satunya jalan keluar dari krisis ini adalah solusi politik."

Dia mengatakan, pemerintah Suriah sepakat untuk memulai dialog dengan oposisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com