Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Masuk Daftar Kota Termahal bagi Turis

Kompas.com - 01/08/2012, 17:48 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com Di manakah kota termahal di dunia bagi pelancong? Tenang saja, kota-kota di Indonesia, termasuk Jakarta, ternyata tidak masuk dalam daftar kota termahal di dunia bagi turis.

Sebuah penelitian yang dilakukan TripAdivisor.com memberi peringkat kota-kota termahal di dunia berdasarkan empat kriteria. Kriteria-kriteria tersebut antara lain tarif kamar hotel, harga untuk minuman koktail dan makan malam untuk dua orang, serta tarif taksi untuk perjalanan pergi-pulang.

Kota London masuk dalam peringkat teratas sebagai destinasi wisata termahal untuk musim panas tahun ini. Hal ini tidaklah aneh karena London menjadi tuan rumah Olimpiade 2012 dan perayaan Diamond Jubilee dari Ratu Inggris.

Acara-acara tersebut menjadi perhatian media seluruh dunia. Tak heran, London masuk dalam daftar wajib kunjung bagi para pelancong di seluruh dunia.

Kota New York menjadi satu-satunya kota di Amerika Serikat yang masuk dalam peringkat ke-10. Kota ini berada di peringkat ke-6. Walaupun tarif rata-rata kamar hotel di Boston lebih tinggi daripada di New York, ongkos taksi dan hiburan malam di Boston lebih terjangkau.

Dalam daftar peringkat 10 kota termahal tersebut, Singapura masuk di peringkat ke-10 dan sebagai satu-satunya kota di Asia yang masuk dalam daftar tersebut.

Peringkat mulai dari 1 hingga 10 adalah London (Inggris), Oslo (Norwegia), Zurich (Swiss), Paris (Perancis), Stockholm (Swedia), New York (Amerika Serikat), Moskwa (Rusia), Kopenhagen (Denmark), Sydney (Australia), dan Singapura.

Dalam sebuah survei oleh American Express, orang Amerika Serikat menganggarkan dana rata-rata sebesar 1.180 dollar AS per orang.

"Bagi pelancong asal Amerika Serikat saat merencanakan destinasi wisata, sangat penting untuk mengetahui berapa pengeluaran per hari di suatu destinasi," ungkap Brooke Ferencsik, Director of Communications TripAdvisor.

Indonesia memang boleh jadi menawarkan tarif hotel sampai makan malam kelas atas yang lebih murah. Namun, sebagai perbandingan, tiket pesawat, misalnya New York ke Jakarta di kisaran harga mulai dari Rp 10 juta sekali jalan.

Angka ini setara dengan rata-rata dana yang dianggarkan pelancong Amerika Serikat untuk berwisata berdasarkan survei American Express. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, jumlah wisatawan mancanegara asal AS ke Indonesia pada tahun 2011 mencapai 194.000 orang atau naik sekitar 13 persen dibanding tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com