Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberontak Kuasai Wilayah Perbatasan

Kompas.com - 20/07/2012, 15:15 WIB
Kistyarini

Penulis

BAB AL-HAWA, KOMPAS.com - Gerilyawan pemberontak Suriah berhasil menguasai Bab Al-Hawa, pos perbatasan dengan Turki, Jumat (20/7/2012), setelah melalui pertempuran sengit melawan tentara Suriah, seperti dilaporkan AFP.

Bangkai-bangkai kendaraan yang hangus berserakan di sepanjang lokasi pertempuran, kata fotografer AFP di lokasi kejadian. Sekitar 150 gerilyawan pemberontak menguasai pos perbatasan yang berdiri di tepat di seberang Cilvegozu, pos perbatasan Turki di Provinsi Hatay.

Tentara pemberontak sudah menguasai bangunan-bangunan yang menandai pos perbatasan wilayah Turki. Bangunan-bangunan itu sendiri berlumuran darah dan penuh lubang peluru akibat pertempuran.

Tentara Suriah yang bertugas pun sudah meninggalkan pos tersebut. Pos perbatasan itu berdiri di Provinsi Idlib, Suriah timur laut.

Sebelumnya, para pemberontak juga telah menguasai empat pos perbatasan Suriah dengan Irak. Hal itu dibenarkan oleh pemerintah Irak kepada harian The New York Times.

Surat kabar itu melaporkan perlintasan di perbatasan Provinsi Anbar dan Nineveh sudah ditutup, sementara dua batalion pasukan tambahan serta pasukan khusus Irak sudah dikerahkan untuk mengamankan area di sepanjang perbatasan dengan Suriah.

"Semua titik perbatasan antara Irak dengan Suriah kini sudah berada di bawah kendali Pasukan Pembebasan Suriah (FSA)," kata Adnan al-Assadi, wakil menteri dalam negeri Irak, di Baghdad, kepada AFP.

Menurut Assadi, para penjaga perbatasan Irak menyaksikan pasukan FSA sebuah pos dan membunuh 22 tentara Suriah. Meskipun demikian pembunuhan terhadap tentara Suriah itu belum bisa diverifikasi.

Sementara itu Reuters melaporkan, dua perlintasan perbatasan Suriah-Turki juga sudah ditangan FSA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com