Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suriah Juga Bidik Pesawat SAR Turki

Kompas.com - 25/06/2012, 17:52 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Sebuah pesawat SAR yang dikirim untuk mencari pesawat tempur Turki yang ditembak jatuh di Laut Mediterania, juga menjadi sasaran serangan Suriah, kata seorang diplomat Eropa seperti dikutip AFP, Senin (25/6/2012).

Pesawat militer Turki itu sedang mencari pesawat F-4 dan dua pilotnya yang hilang setelah ditembak Suriah ketika dibidik oleh sistem pertahanan darat ke udara Suriah, terang diplomat itu.

"Ketika sebuah pesawat menjadi target sistem pertahanan semacam itu, pilot-pilotnya mendapat peringatan dari peralatannya bahwa pesawat mereka sedang dibidik," kata diplomat yang meminta namanya tidak disebut.

Namun pesawat itu tidak ditembak, lanjutnya. Dia tidak mengatakan apakah pesawat pencari itu sedang terbang di wilayah udara internasional atau Suriah.

Pada Minggu (24/6/2012), Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu memberi penjelasan sejumlah diplomat Uni Eropa dan negara-negara anggota NATO tentang insiden penembakan pesawatnya oleh Turki.

Turki yang pernah menjadi sekutu dekat Suriah telah meminta diadakannya pertemuan mendadak NATO pada Selasa (26/6/2012) setelah menuduh Suriah menembak jatuh pesawatnya di wilayah udara internasional.

Hingga kini misi pencarian pesawat dan dua pilot masih berlangsung, di perairan Suriah di kedalaman 1.300 meter. Sumber-sumber diplomatik Turki mengatakan, belum jelas apakah kedua pilot itu berhasil menyelamatkan diri menggunakan kursi pelontar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com