Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendukung Mursi Kuasai Bundaran Tahrir Sambut Kemenangan

Kompas.com - 25/06/2012, 02:39 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Gegap gempita membahana di Bundaran Tahrir, pusat kota Kairo, menyambut kemenangan Mohamed Mursi, Capres dari Ikhwanul Muslimin.

Pendukung Ikhwanul Muslimin yang mendapat dukungan berbagai elemen pro-reformasi dalam sepekan terakhir "menguasai" Bundaran Tahrir untuk mendesak pihak berwenang tidak mempermainkan hasil Pilpres.

Ketua Komisi Tinggi Pemilihan Presiden Mesir, Farouk Soltan, pada Minggu mengumumkan hasil pemilihan presiden tahap kedua atau terakhir yang digelar akhir pekan lalu (16-17/6/2012).

"Mursi memperoleh suara terbanyak dari Capres Ahmed Shafik," kata Soltan dalam konferensi pers untuk mengumumkan hasil Pilpres tersebut, Minggu (25/6/2012).

Mursi, Capres dari Ikhwanul Muslimin memperoleh 13,2 juta suara dan Capres Ahmed Shafik memperoleh 12,2 juta suara, 52 persen berbanding 48 persen dari total pengguna hak pilih.

Disebutkan, jumlah pengguna hak pilih tercatat 26,7 juta atau 51 persen dari total 50 juta pemilih hak suara.

Ketetapan hasil Pilpres tersebut sesuai dengan perhitungan tidak resmi dari berbagai media massa dan pemantau setempat.

Mursi dan Shafik bertarung dalam pemilihan presiden tahap kedua pada pekan lalu, 16 dan 17 Juni, setelah memperoleh suara terbanyak dalam Pilpres tahap pertama pada 23 dan 24 Juni yang diikuti 13 Capres.

Ini merupakan presiden Mesir pertama terpilih dalam pemilihan presiden yang jujur dan bersih dengan pengawasan dari pemantau dalam dan luar negeri.

Komisi Pemilu juga menolak sebagian besar pengaduan dari kedua Capres menyangkut kecurangan pemilu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com