Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Diracun, Seekor Gajah Liar Tewas Mengenaskan

Kompas.com - 17/05/2012, 14:18 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Seekor gajah liar ditemukan mati mengenaskan di kawasan Desa Pante Kuyun, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya. Gajah sumatera ini diperkirakan tewas sejak lima hari lalu. Gajah ditemukan tewas tanpa kepala belalai.

"Diduga setelah mati belalainya dipotong dan gadingnya diambil," sebut Mukhtar, Komandan Ranger Conservation Rescue Unit Sampoiniet, Aceh Jaya, Kamis (17/5/2012).

Belalai gajah ditemukan terpaut hanya beberapa meter dari bangkai tubuh sang gajah. Menurut Mukhtar, gajah sumatera yang ditemukan tewas ini berusia 20 tahun dan diduga mati setelah memakan racun yang disebar di sekitar pepohonan dan rerumputan yang biasa menjadi konsumsi gajah di sekitar kawasan hutan dan perkebunan. "Hal ini diketahui dari kondisi tubuh gajah yang terlihat membiru dan juga dari kondisi feses (kotoran) gajah," katanya.

Mukhtar menyebutkan, penyebab kematian gajah jantan ini tidak jauh berbeda dari kematian seekor gajah betina yang diperkirakan berusia 18 tahun, yang terjadi pada akhir April lalu. Gajah betina tersebut juga ditemukan tewas di kawasan perkebunan sawit di Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya.

Dalam sebulan terakhir, dua gajah ditemukan tewas di kecamatan ini, dengan sebab yang sama. Kawasan kecamatan ini memang sering didatangi gajah liar, akibat makin sempitnya lahan hutan tempat habitat gajah karena pembukaan perkebunan sawit.

Di sejumlah daerah di Aceh sering terjadi konflik antara gajah dan manusia. Saat ini, gajah sumatera liar hanya tersisa 400-500 ekor di Provinsi Aceh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com