Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Embraer Kembali Bersaing dalam Tender AU AS

Kompas.com - 09/05/2012, 17:03 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

SAO PAULO, KOMPAS.com- Pabrikan pesawat asal Brasil, Embraer, akan mengikuti kembali tender pengadaan pesawat tempur ringan yang digelar Angkatan Udara AS (USAF). Embraer telah memenangkan tender tersebut tahun lalu, tetapi kemudian dibatalkan setelah ada gugatan dari peserta tender lain.

Hari Selasa (8/5/2012) waktu Brasil, juru bicara Embraer membenarkan bahwa perusahaan itu akan mengajukan lagi pesawat AT-29 Super Tucano buatannya dalam tender ulang yang digelar AS. Pihak Embraer yakin, Super Tucano akan memenangkan lagi tender tersebut.

"Kami mengikuti kembali tender ini dengan lebih hati-hati karena kami sebenarnya sudah menandatangani kontrak sebelumnya. Tetapi dengan berbagai persyaratan baru yang memberi penekanan lebih pada pengalaman tempur pesawat, kami kira kami akan menang lagi," tutur Luiz Carlos Aguiar, pimpinan unit Keamanan dan Pertahanan Embraer, seperti dikutip harian Folha de Sao Paulo di Sao Paulo, Brasil.

Pihak USAF membuka tender pengadaan 20 pesawat tempur ringan untuk diberikan kepada angkatan bersenjata Afganistan, sebagai bagian dari program bantuan keamanan AS. Embraer, yang berkongsi dengan perusahaan lokal AS Sierra Nevada Corp, telah memenangkan kontrak senilai 355 juta dollar AS itu, Desember 2011.

Namun, kontrak kemudian dibatalkan sepihak oleh USAF pada Februari setelah pesaing Embraer, pabrikan Hawker Beechcraft Corp, menggugat proses pemenangan Embraer. Kepala Staf USAF Jenderal Norton Schwartz waktu itu mengatakan, pembatalan kontrak tersebut sangat memalukan, dan berjanji akan segera menggelar tender ulang.

Super Tucano adalah pesawat bermesin baling-baling turboprop yang dirancang khusus untuk menjadi pesawat latih lanjut, pengintaian udara, dan operasi dukungan tempur ringan. Penentuan pemenang tender baru akan dilakukan awal 2013, dan pesawat pertama akan dikirim pada paruh kedua tahun 2014, bersamaan dengan jadwal penarikan mundur pasukan multinasional dari Afganistan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com