Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NATO Tak Akan Tinggalkan Afganistan

Kompas.com - 07/05/2012, 18:51 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Meski tenggat pada 2014 makin dekat, Pakta Pertahanan Atlantik Utara dan sekutu-sekutunya tak akan meninggalkan Afganistan sepenuhnya. Pernyataan itu kembali berulang sebagaimana disampaikan Juru Bicara Dominic Medley dalam kesempatan temu muka dengan media.

Menurut warta Xinhua pada Senin (7/5/2012), transisi keamanan di Afganistan memang beralih secara bertahap. Dalam kesempatan itu, pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sedikit demi sedikit akan menyerahkan pengawalan keamanan Afganistan kepada pihak Afganistan.

Sementara itu, dalam rangka mempersiapkan proses tersebut, Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah pertemuan NATO bertajuk "Chicago Summit". Menurut rencana, perhelatan itu akan berlangsung dua hari sejak Minggu (20/5/2012). Presiden Afganistan Hamid Karzai akan menjadi salah satu pembicara dalam kesempatan tersebut.

Transisi tanggung jawab keamanan dari NATO ke tentara dan polisi Afganistan sudah berlangsung sejak Juli tahun kemarin. Proses ini terus berjalan sampai dengan akhir 2014.

Sementara itu, penarikan pasukan NATO juga terlaksana secara bertahap sejak setahun silam. Angkatan pertama penarikan berjumlah 10.000 serdadu. Lalu, pada September 2012, ada penarikan kembali 23.000 personel.

NATO masih akan terus melanjutkan pelatihan bagi tentara dan polisi Afganistan. Selain itu, NATO dan sekutu juga akan memastikan soal biaya yang bakal dikeluarkan untuk tetap menjaga hubungan dengan Afganistan setelah 2014 rampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com