Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Tawarkan Solusi Soal Chen

Kompas.com - 05/05/2012, 03:34 WIB

beijing, jumat - Pemerintah China membuka peluang alternatif solusi bagi persoalan aktivis buta Chen Guangcheng (40). Chen kemungkinan akan dibiarkan pergi ke Amerika Serikat melalui jalur studi di luar negeri. Namun, masih tersisa pertanyaan soal nasib keluarga Chen.

Sikap Pemerintah China itu disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Liu Weimin, dalam jumpa pers rutin di Beijing, Jumat (4/5). ”Sebagai warga negara China, jika dia ingin melanjutkan studi di luar negeri dia bisa menempuh jalur-jalur resmi melalui departemen terkait dan melengkapi semua syarat formalitas seperti warga negara China lainnya,” papar Liu.

Meski hanya mengungkapkan hak-hak yang normal dimiliki rakyat China, pernyataan Liu tersebut menggarisbawahi kesediaan Pemerintah China membiarkan Chen pergi dari China sesuai kemauannya.

Pernyataan itu juga dilihat sebagai bentuk tawaran solusi yang bisa menyelamatkan wajah China di mata dunia karena berarti Chen akan pergi dengan izin resmi China dan tidak terkesan karena tekanan dari AS.

Menurut salah satu teman dekatnya, Chen sudah mendapat undangan untuk studi di New York University, AS.

Kegaduhan diplomatik

Persoalan Chen, seorang pengacara otodidak yang dianggap sebagai simbol perlawanan di China, sempat memicu kegaduhan diplomatik antara AS dan China. Setelah lari dari tahanan rumah di Provinsi Shandong, China timur, pekan lalu, ia sempat bersembunyi di Kedutaan Besar AS di Beijing selama enam hari.

Ia bersedia keluar dari Kedubes AS setelah pihak AS mendapat jaminan dari Pemerintah China bahwa keselamatan Chen dan keluarganya akan dilindungi. Chen sebelumnya tak mau pergi dari China dan ingin menjalani pendidikan formal hukum di China.

Namun, setelah Chen bertemu lagi dengan keluarganya, ia merasa keselamatan mereka terancam, dan meminta AS membawa mereka keluar dari China.

Secara dramatis, Chen bahkan berbicara langsung dengan para wakil rakyat AS yang tengah bersidang di Capitol, Washington DC, Kamis (3/5). Dengan didampingi teman yang menjadi penerjemah, Chen menelepon anggota Kongres, Chris Smith, yang memimpin sidang di Capitol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com