Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangkang China Minta Bantuan Kongres AS

Kompas.com - 04/05/2012, 10:12 WIB

Pembangkang China Chen Guangcheng menelepon Kongres AS guna meminta bantuan untuk meninggalkan China bersama keluarganya.

Chen mengatakan dia mengkhawatirkan keselamatan keluarganya dan ingin bertemu langsung dengan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton. Chen sendiri saat ini berada di sebuah rumah sakit di Beijing yang dijaga ketat oleh polisi China.

Sebelumnya dia menghabiskan waktu sepekan di kedutaan AS tetapi kemudian keluar setelah menerima jaminan keselamatan dari pemerintah China. Chen mengatakan sesaat setelah meninggalkan kedutaan dia menyadari adanya ancaman terhadap anggota keluarganya.

'Kamera Intai'

Dalam teleponnya, yang disiarkan dalam sidang Kongres dia mengatakan, ''Saya ingin ke AS untuk beristirahat. Saya tidak pernah beristirahat selama 10 tahun.''

"Saat ini saya sangat mengkhawatirkan keselamatan ibu dan adik-adik saya. Saya ingin tahu apa yang terjadi dengan mereka.''

Dia mengatakan warga kampung yang menolongnya ''menerima hukuman''.

Kepada anggota Republikan Chris Smith, yang mengetuai komisi China di Kongres Chen mengungkapkan keinginan bertemu dengan Hillary Clinton. "Saya ingin bertemu dengan Menteri Clinton. Saya mengharapkan mendapatkan bantuan lebih dari dirinya,'' kata Chen.

Dalam tanggapannya Smith mengatakan kepada Chen bahwa para teman pemerhati HAM mengungkapkan ''kepedulian yang mendalam'' baginya. "Kami berdoa untukmu dan kami akan berupaya tanpa henti untuk membantu,'' kata Smith.

Chen berada di rumah sakit bersama istri dan anaknya tetapi bangunan rumah sakit dijaga ketat kepolisian dan wartawan BBC Damian Grammaticas, yang mencoba berkunjung Kamis kemarin melaporkan bahwa Chen sesungguhnya sedang ditahan.

Penjaga mencegahnya berhubungan dengan kuasa hukum dan para diplomat AS.  Chen juga mengungkapkan kekhawatiran atas anggota keluarganya di kampung halamannya di kawasan timur Provinsi Shandong.

Kepada BBC Chen mengatakan istrinya menggambarkan ancaman yang diberikan disana. "Dia mengatakan kepada saya bahwa rumah kami dipasang tujuh kamera pengintai (CCTV) di dalam halaman. Ada banyak orang di dalam dan di luar rumah dan di atap... Mereka hanya makan dan tinggal di rumah kami, dan mereka berencana membangun sebuah kawat listrik disekeliling rumah saya.''

Meski awalnya dia menyatakan ingin tetap di China, tetapi Chen mengubahnya karena dia meyakini China telah mengingkari kesepakatan untuk menjamin keselamatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com