Pembawa Imigran Gelap Ternyata WNI

Kompas.com - 22/04/2012, 10:48 WIB
|
EditorKistyarini

MALANG, KOMPAS.com — Nakhoda kapal yang membawa rombongan imigran gelap asal Afganistan dan Sudan ternyata seorang warga negara Indonesia. Para imigran gelap itu berniat ke Australia untuk mencari suaka.

Menurut Hasan Sulthoni, salah seorang imigran asal Afganistan, untuk bisa ikut kapal yang terdampar di pesisir pantai Wonogoro, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, itu, mereka harus membayar 5.000 dollar AS (sekitar Rp 45 juta) kepada pihak kapal.

Pada Sabtu (21/4/2012), salah satu nakhoda kapal sudah diamankan dan langsung dibawa dari Malang ke Polda Jatim di Surabaya. Nakhoda itu bernama Titus, warga Nusa Tenggara Timur.

"Setelah diamankan dari kapal, seorang nakhoda langsung dibawa ke Polda Jatim untuk diminta keterangan," tutur Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I Malang Suharno, Minggu (22/4/2012).

Sementara para imigran yang ditemukan selamat masih diamankan di ruang tahanan Kantor Imigrasi Malang. "Mungkin setelah didata akan dibawa ke Rudenim yang ada di Bangil, Pasuruan," katanya.

Dari 68 imigran yang ada di Kantor Imigrasi Malang, baik dari Afganistan maupun Sudan, 29 orang di antaranya tidak memiliki kelengkapan surat ataupun identitas diri.

"Hal itu yang membuat kami mengalami kesulitan mendatanya. Selain itu, hanya ada beberapa imigran yang bisa berbahasa Inggris. Kami mendapat kesulitan mendapatkan penerjemah," aku Suharno.

Hingga saat ini tercatat 14 imigran yang belum ditemukan. Aparat Polres Malang dan polisi air masih mencari keberadaan mereka. Pencarian dilakukan di laut ataupun di hutan karena ada dugaan imigran-imigran itu lari ke hutan tak jauh dari Pantai Wonogoro dan Sendangbiru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.