Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Bersiap Uji Coba Nuklir Ketiga

Kompas.com - 09/04/2012, 04:28 WIB

SEOUL, MINGGU - Korea Utara diyakini bakal menggelar uji coba nuklir pascarencana peluncuran roket jarak jauh mereka yang belakangan memicu kontroversi.

Jika jadi, uji coba nuklir itu akan menjadi yang ketiga setelah di tahun 2006 dan 2009 Negeri Komunis tersebut menggelar hal serupa.

Menurut sumber yang dikutip kantor berita Korea Selatan, Yonhap, Minggu (8/4), sebuah hasil pencitraan satelit termutakhir mengarah ke kesimpulan tersebut.

”Korut tampak tengah menggali sebuah terowongan bawah tanah baru di kawasan situs uji coba nuklir, dekat dua terowongan dari uji coba sebelumnya. Konstruksi terowongan baru itu sepertinya sudah hampir selesai,” ujar sumber itu.

Beberapa waktu lalu kecaman dari sejumlah negara muncul menyusul pengumuman rencana Korut mengujicobakan roket jarak jauhnya.

Roket yang diyakini sebagai peluru kendali balistik itu dijadwalkan diluncurkan pada 12 dan 16 April, sekaligus untuk menandai perayaan kelahiran pendiri Negeri Komunis itu, Kim Il Sung.

Pihak Pyongyang berkeras peluncuran itu hanya untuk kepentingan damai, mengorbitkan satelit telekomunikasi mereka. Namun, sejumlah negara terutama Korsel dan Jepang khawatir roket itu bisa berisi hulu ledak nuklir.

Akibat rencana peluncuran itu, Amerika Serikat menunda kesepakatan terbarunya menawarkan bantuan pangan, yang juga disepakati untuk diimbangi dengan kesediaan Korut menghentikan aktivitas nuklir dan uji coba rudal balistiknya.

Penundaan itu membuat marah Korut, yang diyakini selama ini menguasai cukup materi plutonium untuk membangun enam sampai delapan bom nuklir.

China dibuat repot

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com