Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rory Hie Pasang Target Juara Enjoy Jakarta Indonesia Open

Kompas.com - 22/03/2012, 01:21 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Pegolf muda berbakat dari Indonesia, Rory Hie, pasang target kemenangan di turnamen Enjoy Jakarta Indonesia Open, yang akan memulai tee-off pada Kamis (22/3/2012) di Emeralda Golf Club. Belajar dari kekalahan tipisnya pada tahun lalu, Hie berharap bisa mewujudkan impiannya untuk memenangi turnamen dengan total hadiah 1 juta dollar AS tersebut.

Jika impiannya terwujud, maka Hie menjadi pegolf Indonesia kedua yang mampu memenangkan kejuaraan nasional. Sebelumnya, Indonesia pernah punya pegolf yang sukses menjadi juara di event nasional, yaitu Kasiadi, pada tahun 1989.

Namun, perjuangan Hie pasti tidak mudah. Pasalnya, sejumlah pemain bintang siap bertarung di turnamen ini, termasuk juara bertahan Thaworn Wiratchant dari Thailand, dan pegolf handal Jepang, Shingo Katayama, yang telah memenangkan 26 turnamen di Jepang. Juga ikut berpartisipasi dalam turnamen ini adalah juara 2010 OneAsia Order of Merit, Liang Wenchong dari China, dan pegolf Australia, Scott Strange, yang pernah menduduki puncak daftar Merit di tahun 2009.

Turnamen ini akan menjadi turnamen pembuka musim bagi OneAsia, dan menjadi turnamen gabungan bersama dengan Japan Golf Tour Organization untuk pertama kalinya.

Tahun lalu, Hie hampir memperoleh kemenangan, tetapi pada akhirnya dia berada satu pukulan di belakang Thaworn. Ini terjadi setelah dia melakukan kesalahan di hole 15 dan 18. Dia menyelesaikan turnamen di peringkat kedua, yang merupakan sebuah akhir yang sama mengesankan dengan penampilannya di turnamen Indonesia PGA Championship, di OneAsia.

"Saya tidak melihat ronde akhir tahun lalu di Indonesia Open sebagai sesuatu yang buruk," ujar Hie. "Pengalaman tersebut justru menambahkan optimisme saya untuk minggu ini. Saya tahu saya pernah berada di posisi tersebut hingga jika saya bermain baik minggu ini, maka saya juga dapat berhasil berada di posisi itu lagi."

Walau 30 pegolf Indonesia akan berpartisipasi dalam turnamen minggu ini, namun beban harapan negara semua ada di pundak pegolf muda, Hie. "Saya tidak terlalu kecewa dengan hasil di PGA Championship – karena saya merasa memberikan perlawanan yang cukup untuk berada di posisi kedua," ujar Hie. "Tapi di Indonesia Open, saya merasa saya memberikannya begitu saja. Saya harap dengan swing saya yang baru dan persiapan mental yang cukup saya dapat memperoleh hasil yang lebih baik tahun ini."

Pegolf muda berusia 23 tahun ini telah bekerja keras di setiap aspek permainannya dan telah banyak berlatih secara teratur di Emeralda, yang terletak di sebelah Selatan Jakarta. Dia juga bermain tiga putaran setiap minggunyg selama sebulan terakhir.

"Saya sangat optimistis untuk minggu ini dan berusaha untuk tidak memberikan terlalu banyak tekanan bagi diri saya sendiri. Turnamen ini akan menjadi turnamen pembuka musim, jadi kita lihat saja nanti," ujar Hie.

"Saya telah memperbaiki swing saya dan saya telah banyak berubah sebagai seorang pemain. Saya juga tidak hanya berusaha memukul bola dengan keras setiap saat."

Hie bermain untuk sesi Pro Am di hari Selasa dan sangat puas akan permainannya.

"Saya bermain cukup baik di sesi Pro Am hari ini dan saya memukul bola dengan cukup baik. "Saya juga berhasil scrambled dengan cukup baik – hal ini merupakan sesuatu yang baru untuk saya," tambahnya.
Pegolf muda penuh bakat ini memperlihatkan kemampuannya di tahun 2008 pada saat berhasil memenangkan The International Championship di Indonesia dalam rangkaian ASEAN PGA Tour berberapa bulan setelah menjadi pegolf profesional.
Pegolf yang pernah menjadi bagian dari tim All-American di University of Southern California, pernah menjadi pegolf amatir ke-enam terbaik di dunia. (*)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com