Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romney Menang Besar dalam "Primary" di Puerto Riko

Kompas.com - 19/03/2012, 13:41 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney mendominasi pemilihan pendahuluan (primary) di Puerto Riko, negara persemakmuran Amerika Serikat di Kepulauan Karibia, Minggu (18/3/2012), dengan meraih lebih dari 80 persen suara pemilih republiken.

Hingga Minggu malam, saat penghitungan suara sudah 61 persen selesai, Romney meraih 83 persen suara pemilih. Secara otomatis, dia merebut seluruh 20 delegasi yang diperebutkan di Puerto Riko karena perolehan suaranya sudah melebihi 50 persen.

Dengan kemenangan ini, perolehan delegasi Romney semakin jauh meninggalkan rival-rivalnya, termasuk rival terdekatnya, mantan Senator Rick Santorum. Meski demikian, para rival Romney, termasuk mantan Ketua DPR AS Newt Gingrich dan anggota DPR AS dari Texas, Ron Paul, tetap tidak mau mundur dari persaingan.

Baik Romney maupun Santorum menggelar kampanye mereka di Puerto Riko, pekan lalu. Romney mendapat dukungan para politikus republiken lokal, termasuk Gubernur Puerto Riko Luis Fortuno.

Sebaliknya, Santorum membuat kesalahan dengan menyerukan Puerto Riko harus menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi apabila ingin diangkat sebagai salah satu negara bagian AS.

Saat hasil primary Puerto Riko diumumkan, Romney sedang fokus berkampanye di negara bagian Illinois yang akan menggelar primary hari Selasa ini waktu setempat. Sementara Santorum meneruskan perjuangannya dengan berkampanye di negara bagian Louisiana yang akan menggelar primary Sabtu nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com