Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romney Tak Didukung Kaum Konservatif

Kompas.com - 15/03/2012, 03:18 WIB

WASHINGTON DC, SELASA - Kemenangan mantan Senator Rick Santorum dalam pemilihan pendahuluan (primary) di Negara Bagian Alabama dan Mississippi, Selasa (13/3), makin membuktikan bahwa Mitt Romney tak mendapat dukungan kelompok masyarakat konservatif di AS.

Romney hingga saat ini masih memimpin persaingan antarkandidat presiden (capres) AS dari Partai Republik. Bahkan, meski ia hanya menduduki tempat ketiga di Alabama dan Mississippi, Romney mengumpulkan jumlah delegasi lebih banyak dari Santorum pekan ini. Hal itu terjadi setelah dia memenangi kaukus Hawaii dan Samoa Amerika.

Akan tetapi, kekalahan di wilayah yang selama ini dikenal sebagai basis massa pendukung Partai Republik itu menunjukkan bahwa Romney tidak benar-benar mendapat dukungan partainya.

Jajak pendapat yang digelar di tempat pemungutan suara, Selasa, menunjukkan, separuh pemilih yang terdaftar sebagai pendukung Partai Republik di Alabama dan Mississippi menganggap Romney tak cukup konservatif.

Di kalangan pemilih yang menyebut diri mereka konservatif sejati, jumlah orang yang meragukan konservatisme Romney melonjak hingga 60 persen. Secara keseluruhan, hanya sepertiga pemilih di Mississippi dan seperempat pemilih di Alabama yang menganggap pandangan Romney dalam berbagai isu sudah benar.

Sukses Santorum dan kekalahan Romney di dua negara bagian di wilayah selatan AS itu juga menunjukkan perpecahan yang terjadi di dalam Partai Republik. Sebagian pendukung partai tersebut menginginkan capres dari kelompok konservatif ortodoks, seorang republiken ”tulen”.

Namun, sebagian lagi mengharapkan capres yang lebih moderat untuk memikat kelompok pemilih independen guna mengalahkan Presiden Barack Obama pada pemilihan presiden 6 November nanti.

Hampir tak terkejar

Secara hitungan di atas kertas, Romney sebenarnya hampir tak mungkin tersaingi para rivalnya. Menurut hitungan terbaru Associated Press, Romney telah mengumpulkan 495 delegasi, disusul Santorum (252 delegasi), mantan Ketua DPR AS Newt Gingrich (131 delegasi), dan anggota DPR AS asal Texas, Ron Paul (48).

Seorang kandidat bisa lolos menjadi capres definitif Partai Republik jika telah mengumpulkan sedikitnya 1.144 delegasi. Dengan laju perolehan suara seperti saat ini, Romney diprediksi akan mencapai jumlah minimum tersebut sebelum konvensi nasional Partai Republik digelar di Tampa, Florida, 27-30 Agustus nanti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com