Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Assad Menjawab Annan

Kompas.com - 15/03/2012, 03:05 WIB

Kairo, Kompas - Utusan khusus PBB dan Liga Arab untuk Suriah, Kofi Annan, Rabu (14/3), mengatakan telah menerima jawaban dari Suriah. Ini menjawab usulan soal cara mengakhiri krisis politik yang disampaikan kepada Presiden Bashar al-Assad pekan lalu.

Annan tidak menjelaskan rincian isi jawaban Pemerintah Suriah itu. Jubir Annan, Ahmed Fawzi, menyampaikan, mantan Sekjen PBB itu kini sedang mempelajari jawaban tersebut.

Annan kepada televisi Aljazeera juga mengungkapkan, kubu oposisi Suriah juga siap menerima penghentian aksi kekerasan yang diperlihatkan pemerintah. Oposisi juga siap dengan pembukaan jalur bantuan kemanusiaan. Namun, tidak dijelaskan apakah kubu oposisi mau menerima dialog politik dengan Pemerintah Suriah.

Pekan lalu, Annan pergi ke Suriah dengan mengusung tiga misi: penghentian aksi kekerasan oleh tentara pemerintah, pembukaan jalur bantuan, dan usulan dialog politik.

Sumber-sumber Turki—seperti dikutip harian Asharq Al Awsat—mengungkapkan, usulan yang diterima itu termasuk soal penarikan pasukan pemerintah dari kota-kota dan desa-desa. Usulan lain yang diterima adalah rakyat diperbolehkan menyampaikan pendapat dan menggelar unjuk rasa, dialog politik antara pemerintah dan oposisi dengan mediator PBB dan Liga Arab.

Ini merupakan perkembangan ke arah baik dalam politik Suriah. Namun, Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan memperingatkan Annan agar jangan terperangkap dengan janji-janji positif dari Presiden Assad. Turki sebelum ini sudah sering tertipu dengan janji-janji positif Assad yang tak pernah dilaksanakan.

Erdogan memperingati pula, Annan harus waspada dengan manuver rezim Presiden Assad yang selalu mengulur-ulur waktu.

Sebelumnya, hari Selasa lalu, Annan telah bertemu Ketua Dewan Nasional Suriah (SNC) Burhan Ghalioun, di Ankara, Turki.

Annan seusai bertemu Ghalioun mengatakan, ada opsi lain dari masyarakat internasional jika Pemerintah Suriah menolak solusi yang dia usulkan. Annan menyampaikan tetap optimistis bisa tercapai solusi atas krisis di Suriah.

Pesimistis berhasil

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com