Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Dinyatakan Menangi Pemilu Rusia

Kompas.com - 08/03/2012, 06:27 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Komisi Pemilu Pusat Rusia (CEC) pada Rabu (7/3/2012) malam merilis hasil akhir pemilihan presiden yang mengumumkan Perdana Menteri Vladimir Putin sebagai pemenang dalam pemilihan tersebut dengan 63,6 persen dukungan suara.

Menurut hasil perhitungan terakhir CEC, pemimpin Partai Komunis, Gennady Zyuganov, berada di posisi kedua dengan 17,18 persen suara, sementara miliarder yang mencalonkan diri dari jalur independen, Mikhail Prokhorov, memperoleh 7,98 persen suara.

Sebanyak 6,22 persen suara diberikan kepada pemimpin Partai Demokratik Liberal, Vladimir Zhirinovsky, dan 3,85 persen suara diberikan untuk pemimpin Partai Rusia Adil, Sergei Mironov.

CEC juga mengumumkan tingkat partisipasi pemilihan umum Rusia yang berlangsung pada Minggu itu sebesar 65,34 persen.

Indonesia bersama sekitar 685 peninjau asing dari berbagai organisasi internasional dan Komisi Pemilihan Umum turut ambil bagian dalam proses demokrasi di Rusia tersebut.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Indonesia HA Hafiz Anshary turut serta hadir di tempat Komisi Pemilihan Umum Pusat Federasi Rusia. Hafiz juga sempat mengunjungi beberapa tempat pemungutan suara di Moskwa, demikian Sekretaris Dua KBRI Moskwa, Enjay Diana, mengabarkan kepada Antara London, Selasa (6/3/2012).

Menurut Hafiz Anshary, pemilu presiden berlangsung sesuai dengan standar umum internasional, yaitu terbuka, tertib, dan bebas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com