Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Pun Tertarik Wisata Gratis di Malang...

Kompas.com - 17/02/2012, 10:45 WIB

KOMPAS.com - Ingin pergi ke Kota Malang, Jawa Timur dengan budget terbatas atau murah meriah ala bacpakcker. Banyak lokasi wisata di Malang yang tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Sebagai kota tujuan wisata denga pelayanan terbaik tahun 2011, Kota Malang memang patut dikunjungi wisatawan.

Turis dari mancanegara pun sering ikut paket becak tour dengan mengunjungi tempat wisata gratis di Malang. Wisatawan dari Eropa antara lain dari Belanda, Jerman, Perancis sering ikut paket tour naik becak mengunjungi tempat wisata gratis.

Menurut Mokhmad Anshory, Ketua Perhimpunan Pramuwisata Cabang Malang, wisatawan asing biasanya mengambil paket naik becak mengelilingi Kota Malang mengunjungi Kawasan Boulevard Jalan Ijen, Pasar Burung, Tugu Monumen Balai Kota, Pasar Tradisional  Besar, kemudian makan di Toko Oen dengan menu spesial Eropa tempo dulu. Khusus turis asing membayar ongkos becak Rp 50.000.

Anda pun wisatawan Indonesia bisa jalan-jalan sendiri dengan naik angkutan kota mengunjungi bangunan-bangunan tua di Malang yang tidak memerlukan tiket masuk. Antara lain Gereja Immanuel, Gereja Kayutangan, dan Balai Kota Malang.

Selain bangunan tua ada pula lokasi menarik lain seperti Pasar Burung, Pasar Bunga, Patung Chairil Anwar, kerajinan keramik Dinoyo, dan Museum Brawijaya  hanya membayar Rp 2.500.

Khusus Jalan Ijen pemandangannya sangat asri karena taman bunganya di tengah jalan tertata rapi dengan banyak bunga kana dan bougenvile berwarna warni. Di sepanjang trotoar untuk pejalan kaki diapit oleh pohon-pohon palem yang sangat besar dan tinggi. Banyak rumah-rumah tua juga peninggalan Belanda yang masih dirawat pemiliknya di jalan paling elite Kota Malang ini. Museum Brawijaya juga berada di Jalan Ijen.

Oleh-oleh yang bisa dibeli di Malang antara lain: keripik tempe, keripik apel, dodol apel, sari apel, cuka apel, keripik aneka buah. Di sepanjang daerah Dinoyo dan Jalan Sutoyo banyak penjual toko oleh-oleh di sepanjang jalan tersebut.

Wisata kuliner murah meriah di Malang antara lain: Bakso President, Bakso Cak Man, Cwie  Mie ayam, nasi goreng apel, jajanan pasar, nasi buk Madura, Mie Ayam Setan, dan Burger Buto yang sangat besar ukuran kepala orang.

Pergi ke Kota Malang dengan Kereta Api Mataramaja dari Stasiun Senen Jakarta cukup membayar Rp 50.000 saja untuk kereta ekonomi. Kalau dari Stasiun Gambir dengan Kereta Api Gajayana kelas eksekutif sekitar Rp 300.000. (Asita DK Suryanto,  asita@djojokoesoemo.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com