Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nigeria Tangkap Jubir Boko Haram

Kompas.com - 02/02/2012, 03:45 WIB
M.Latief

Penulis

ABUJA, KOMPAS.com - Agen-agen rahasia Nigeria, Rabu (1/2/2012), menangkap Abu Qaqa, juru bicara Boko Haram, yang belakangan sering memberikan pernyataan kepada pers setelah serangan-serangan oleh kelompok muslim garis keras itu. Abu Qaqa ditangkap di kota Kaduna, Nigeria utara, Rabu pagi.

"Kami masih berbicara dengannya. Karena 'Abu Qaqa' adalah nama samaran, kami masih harus memastikan siapa orang yang kami tangkap itu," kata salah seorang sumber kepada Reuters.

"Kami telah melacaknya berbulan-bulan. Ia berpindah-pindah lokasi dan kontak," tambah sumber dari Badan Keamanan Rahasia (SSS) itu.

Kano, kota berpenduduk sekitar 10 juta orang di sebelah selatan Kaduna, dilanda kekerasan militan selama beberapa pekan terakhir ini. Rangkaian pemboman dan penembakan melanda Kano setelah shalat Jumat (20/1/2012) lalu, yang menewaskan 185 orang. Serangan-serangan itu diklaim oleh Boko Haram yang ditujukan pada markas polisi dan kantor-kantor polisi lain, sebuah bangunan kepolisian dan kantor imigrasi.

Satu sumber kepolisian Nigeria mengatakan kepada AFP, Kamis (26/1/2012), sekitar 200 orang ditangkap setelah serangan itu. Sehari sebelumnya, Rabu (25/1/2012), Presiden Nigeria Goodluck Jonathan, yang dituduh gagal mengendalikan kekerasan kelompok militan, mencopot kepala kepolisian dengan mengatakan, tokoh baru diperlukan untuk memimpin lembaga itu. Jonathan mengangkat Mohammed D Abubakar untuk menggantikan Hafiz Ringim,

"Sebagai langkah pertama ke arah reorganisasi luas dan reposisi pasukan kepolisian Nigeria untuk membuatnya lebih efektif dan mampu memenuhi tantangan keamanan internal yang muncul," kata kantor presiden dalam sebuah pernyataannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com