Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NATO Tuduh Intelijen Pakistan Bantu Taliban

Kompas.com - 01/02/2012, 08:51 WIB

Dalam laporan rahasia NATO yang sempat dibaca BBC menyebut adanya bantuan langsung dari dinas intelijen Pakistan untuk Taliban Afghanistan. Laporan yang bocor itu merupakan hasil 27.000 interogasi terhadap 4.000 anggota Taliban, al-Qaeda dan pejuang asing serta warga sipil yang tertangkap.

Mereka mengklaim Taliban akan tetap melawan dan memperoleh bantuan dari rakyat Afghanistan. Laporan itu juga menuding Pakistan mengetahui lokasi keberadaan para pemimpin Taliban.

Wartawan BBC di Kabul Quentin Sommerville melaporkan ini adalah laporan pertama terkait hubungan langsung antara Dinas Intelijen Pakistan (ISI) dan Taliban. "Kami sudah lama memprihatinkan adanya ikatan antara sejumlah elemen ISI dan jaringan ekstrimis," kata juru bicara Pentagon, Kapten John Kirby. "Namun, Kementerian Pertahanan AS belum membaca laporan tersebut," lanjut Kirby.

Pemerintah Pakistan berulang kali membantah dugaan dinas intelijennya telah membantu kelompok Taliban Afghanistan.

Sekadar informasi

Meski laporannya mencengangkan namun terdapat catatan dalam laporan itu yang menegaskan bahwa laporan tersebut sejauh ini baru dianggap sebuah informasi dan bukan laporan analisis. "Karena laporan ini diperoleh langsung dari pengakuan para pemberontak maka laporan ini harus dianggap sebagai informasi belaka bukan sebagai laporan analisis," tulis laporan itu.

Meskipun NATO memiliki strategi mengamankan Afghanistan bersama militer lokal, namun dokumen itu menunjukkan secara detail kolaborasi yang terjadi antara para pemberontak dengan kepolisian dan militer Afghanistan.

Juru bicara Pasukan Bantuan Keamanan Afghanistan (ISAF) Letnan Kolonel Jimmie Cummings mengatakan dokumen tersebut diklasifikasikan sebagai dokumen internal yang bukan ditujukan sebagai konsumsi publik.

"Ini adalah bagian dari kebijakan untuk menentukan bahwa dokumen itu rahasia dan tidak boleh dibicarakan dalam kondisi apapun," kata Cummings.

Laporan itu, kata Sommervile, juga menuturkan soal sebagian rakyat Afghanistan yang masih terus memberikan dukungan untuk Taliban. Situasi ini memberi arti bahwa pengaruh al-Qaeda di Afghanistan semakin meredup namun pengaruh Taliban kian meningkat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com