Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Waspadai Krisis Selat Hormuz

Kompas.com - 24/01/2012, 21:24 WIB
FX. Laksana Agung S

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com —  Mengantisipasi kemungkinan krisis Selat Hormuz di Timur Tengah yang akan berimplikasi pada melambungnya harga minyak dunia, pemerintah telah menyiapkan skema. Cadangan fiskal sampai pangan telah disiapkan.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo menjawab pertanyaan wartawan seusai rapat kerja dengan Komisi XI DPR, di Jakarta, Selasa (24/1/2012).     

”Jangankan tentang kemungkinan penyesuaian harga, saat ini saja kami terus mewaspadai keadaan di Timur Tengah. Kalau harga minyak tinggi dan itu bisa berimplikasi ke anggaran, kami akan ajukan ke APBN-Perubahan,” kata Agus.

Agus meyakinkan bahwa cadangan keuangan negara dalam kondisi siap. Cadangan fiskal sebesar Rp 15 triliun, cadangan sosial sebesar Rp 40 triliun, cadangan dalam bentuk subsidi non-BBM sebesar Rp 40 triliun, dan cadangan beras Rp 2 triliun.

”Itu belum termasuk ruang dalam UU yang memungkinkan pemerintah untuk mencari pinjaman khusus untuk ketahanan pangan,” kata Agus.

Pemerintah Iran beberapa waktu lalu mengancam akan menutup Selat Hormuz untuk distribusi minyak mentah. Hal ini sebagai respons atas ketegangan yang terjadi antara Iran dan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com