Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Costa Concordia Bahayakan Penyelamatan

Kompas.com - 20/01/2012, 17:55 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Kapal pesiar Costa Concordia yang kandas di perairan dangkal Tuscany, wilayah Italia, membahayakan penyelamatan lantaran berubah posisi. Kapal yang menabrak karang dan terbalik pada Jumat (13/1/2012) itu kini masih dalam pengawasan regu penyelamat.

Menurut warta AP pada Jumat (20/1/2012), regu penyelamat masih mencari 21 orang yang tercatat hilang. Pihak regu penyelamat sempat menunda pencarian lantaran pergerakan kapal naas itu oleh arus laut. Sampai kini, tercatat 7 orang tewas dalam insiden ini.

Juru Bicara Penjaga Pantai Italia Komandan Cosimo Nicastro mengatakan, pihaknya bersikap hati-hati lantaran tangki bahan bakar Costa Concordia rawan bocor. Padahal, tangki itu masih berisi setengah juta galon bahan bakar minyak.

Saat mengalami kecelakaan, Costa Concordia membawa lebih dari 4.200 penumpang dan kru. Kapal tersebut bernilai 450 juta dollar AS. Sementara itu, polisi sudah mengenakan status tahanan rumah kepada kapten kapal, Francesco Schettino. Polisi menduga kapten kapal inilah yang menjadi penyebab kecelakaan.

Kemarin, perusahaan pemilik Costa Concordia, Carnival Corp, mengumumkan audit komprehensif terhadap sepuluh kapal pesiar miliknya. Upaya ini untuk meninjau kembali keamanan dan kemampuan dalam menangani kondisi gawat darurat. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com