Hah! Wisata Kiamat?

Kompas.com - 07/01/2012, 19:03 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com Wisatawan mancanegara tengah merencanakan perjalanan ke Meksiko pada 21 Desember 2012 yang dipercaya sebagai tanggal kiamat. Beberapa biro perjalanan wisata di dunia memanfaatkan hal ini dengan membuat paket perayaan kiamat.

Meksiko diperkirakan akan menerima 50 juta wisatawan yang datang karena hal tersebut. Tanggal 21 Desember 2012 sebenarnya menandai akhir dari kalender bangsa kuno Maya. Salah satu wisatawan yang banyak merencanakan wisata kiamat ini adalah wisatawan asal Australia.

Seperti yang diutarakan Meg Hall, dari biro perjalanan Chimu Adventures yang biasa menangani wisatawan asal Australia untuk tur ke kawasan Amerika Latin, ia menyebutkan bahwa perusahaannya telah banyak menerima permintaan dari calon wisatawan yang tertarik pergi ke Meksiko dalam rangka "kiamat".

"Mereka menanyakan acara apa saja yang akan berlangsung di sana. Ini merupakan hal yang aneh sampai orang tertarik akan hal ini, tapi saya pikir ini akan menjadi acara yang unik. Orang-orang tidak akan memesan sampai mendekati tanggal keberangkatan, tapi jelas ini akan menjadi bisnis yang sibuk. Banyak orang Australia yang akan pergi ke sana," jelasnya.

Senada dengan Hall, Sales and Marketing Manager Tucan Travel Todd Barry mengatakan adanya peningkatan permintaan berwisata ke Meksiko di Desember 2012, terutama permintaan untuk ikut tur "Mayan Circle". Dalam paket tur ini, wisatawan akan mengunjungi beberapa situs peninggalan Maya.

"Kami mengharapkan kenaikan pemesanan dalam beberapa bulan ke depan. Sebagian besar orang baru mulai merencanakan liburan mereka ke daerah sana, yang sebenarnya musim ramai untuk berwisata jadi harganya pun paling mahal," katanya.

Pemerintah Meksiko gencar mempromosikan kampanye pariwisata "Mundo Maya 2012" dan tengah merencanakan beragam perayaan untuk hari tersebut. Kota Tapachula, di perbatasan Guatemala, telah memasang jam digital raksasa yang menghitung mundur sampai tanggal 21 Desember 2012.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebuah museum baru bertemakan bangsa Maya akan dibuka di Yucatan pada bulan Juni 2012. Sementara turis di resor-resor sekitar Cancun dan Playa Del Carmen menaruh pesan dan foto di sebuah "kapsul waktu" yang akan dikubur selama 50 tahun.

Arkeolog Meksiko percaya tahun 2012 tersebut merujuk pada batu berusia 1.300 tahun yang menandai akhir dari kalender bangsa Maya, bukan sebagai sebuah kiamat. Peradaban Maya yang mencapai puncak kejayaan di 300-900 SM terkenal ahli dalam bidang astronomi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.