Amor Kehilangan Desa, Rumah, dan Keluarganya

Kompas.com - 18/12/2011, 20:09 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

ILIGAN, KOMPAS.com - Bencana alam besar yang menewaskan banyak orang selalu menyisakan berbagai kisah sedih bagi para korbannya.

Salah satunya dialami seorang perempuan berusia 21 tahun, Amor Limbogo, yang saat banjir menerjang kampungnya tengah bekerja di salah satu toko yang ada di kawasan kota Cagayan de Oro. Kota itu adalah salah satu daerah yang terkena dampak paling parah akibat banjir besar yang dipicu badai Washi Jumat kemarin.

"Saat saya kembali, rumah kami sudah tidak ada lagi. Yang tersisa hanya genangan lumpur dan air sisa banjir," ujar Amor. Kedua orang tua dan tujuh orang saudara dan sepupu Amor tinggal di sebuah rumah tidak jauh dari sungai yang meluap di kota Cagayan de Oro.

Malam saat kejadian Amor mengaku sangat khawatir dan berupaya menelepon orang tuanya dari toko tempatnya bekerja. Untuk beberapa saat nada tersambung berbunyi namun tidak diangkat. Tidak lama kemudian telepon orangtuanya tidak dapat dihubungi sama sekali.

Dia lalu bergegas kembali pulang namun semua terlambat. Rumah tempatnya tinggal dan rencananya akan menjadi tempat kumpul keluarga saat makan malam Natal pekan depan telah lenyap tak bersisa berikut orang-orang yang ada di dalamnya. Saat badai dan banjir besar menghantam Jumat malam kemarin, kebanyakan warga sudah mulai tidur.

Banjir bandang membawa bebatuan dan dan batang-batang pohon besar tiba-tiba datang menyapu sejumlah desa. Dampak kerusakan yang ditimbulkan sangat lah mengerikan dan masih bisa terlihat dari sisa-sisa reruntuhan bangunan, bangkai-bangkai mobil yang terbalik, dan pohon-pohon tumbang yang terserak di berbagai lokasi bencana. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.