Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Pengusung Suu Kyi Umumkan Logo Baru

Kompas.com - 13/12/2011, 04:41 WIB

YANGON, SENIN - Setelah memastikan maju kembali dalam pemilihan umum mendatang di Myanmar, partai politik pengusung pejuang demokrasi di negeri itu, Aung San Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), mengumumkan logo barunya, Senin (12/12).

Logo baru NLD itu bergambar seekor burung merak petarung menatap ke arah bintang besar warna putih bersudut lima. Pengumuman logo baru itu bahkan disampaikan melalui media massa milik pemerintah, The Myanmar Ahlin.

Menurut anggota senior NLD, Win Htein, simbol itu menggambarkan perjuangan Myanmar menuju perubahan.

”Simbol bintang besar berwarna putih melambangkan revolusi. Lambang itu sudah sejak bertahun-tahun lalu dipakai sebagai sebuah simbol revolusioner,” ujar Htein.

Menurut Htein, para demonstran yang umumnya pelajar dan mahasiswa pada tahun 1988 bergerak melawan pemerintahan junta militer lewat aksi unjuk rasa yang mereka gelar.

”Mereka memakai simbol burung merak petarung itu sebagai lambang perlawanan,” lanjutnya.

Pengumuman logo baru NLD itu merupakan kelanjutan dari tahap sebelumnya ketika pada November lalu partai tersebut mendaftarkan diri kembali secara resmi.

Dalam pemilihan umum tahun lalu, NLD mengundurkan diri karena menganggap sistem aturan main yang ditetapkan sangat tidak adil dan mengindikasikan pemilu hanyalah pura-pura.

Ketika itu, baik Suu Kyi maupun sebagian besar pengikutnya sepakat memboikot pemilu lantaran komisi pemilihan umum Myanmar menetapkan aturan yang dinilai curang.

Salah satunya adalah melarang mereka yang berstatus tahanan politik ikut dalam pemilu. Suu Kyi masih berstatus tahanan politik dan ditahan di rumahnya sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com