Ledakan Hotel Tewaskan 3 Tamu

Kompas.com - 28/11/2011, 11:21 WIB
EditorKistyarini

MANILA, KOMPAS.com - Ledakan terjadi di sebuah hotel di Filipina selatan dan menewaskan setidaknya tiga orang serta melukai 27 orang lainnya, demikian pernyataan pejabat setempat, Senin (28/11/2011).

Ledakan yang diduga diakibatkan bom itu, menimbulkan api yang menghanguskan Atilano Pension House, sebuah hotel dua lantai di pusat kota Zamboanga, Minggu (27/11/2011) malam.

Kuatnya ledakan menyebabkan sebagian besar lantai dua runtuh, menerbangkan atap hotel, dan menghancurkan kaca jendela dari bangunan-bangunan di sekitarnya, kata wali kota Zamboanga Celso Lobregat.

Dua orang korban luka kini dalam kondisi kritis di rumah sakit, Lobregat menambahkan.

Ledakan itu terjadi di kamar 226 di lantai 2 hotel. Dua orang yang tinggal di dua kamar di sebelahnya tewas seketika. Jasad ketiga ditemukan pada Senin pagi di lantai bawah. Tubuh korban tertimbun bongkahan dinding yang runtuh dari lantai di atasnya.

Penyelidikan awal menunjukkan penyebab ledakan adalah bom, kata Lobregat yang meminta warga Zamboanga agar tetap tenang.

"Kita tidak boleh menunjukkan kepanikan karena itulah yang diinginkan para pembuat onar ini. Kami sudah mendaptkan sejumlah petunjuk dan kami akan menangkap mereka (pelaku)," tegas Lobregat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagian besar korban merupakan anggota sebuah kelompok yang terdiri atas 20 orang yang tinggal di enam kamar hotel itu. Mereka menginap di situ untuk menghadiri acara pernikahan pada Senin. Tragedi itu menyebabkan pernikahan itu ditunda.

Penyelidik senior Cesar Memoracion mengatakan baru-baru ini tim gegana lokal menginformasikan pada pemilik hotel untuk mewaspadai kemungkinan serangan bom. Informasi itu mengutip sebuah sumber intelijen yang tidak menyebutkan sumber ancaman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X