Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

26 Mayat Dibuang di Jalan Raya

Kompas.com - 25/11/2011, 07:09 WIB

GUADELAJARA, KOMPAS.com — Sebanyak 26 mayat lelaki ditemukan di tiga kendaraan yang diparkir tak jauh dari sebuah perempatan sibuk di Guadelajara, kota terbesar kedua Meksiko.

Temuan mengerikan itu terjadi menjelang digelarnya pameran buku internasional di ibu kota negara bagian Jalisco itu. "Ditemukan total 26 mayat, semuanya lelaki dan berusia antara 25 sampai 35 tahun," jelas Fernando Guzman, pejabat tinggi negara bagian Jalisco, Kamis (24/11/2011).

Sebagian besar korban tewas akibat dicekik dan tubuh mereka bertulisan Milenio dan Zetas, dua geng narkoba Meksiko.

Zetas adalah geng narkoba yang didirikan oleh sekelompok mantan tentara yang beralih profesi menjadi pembunuh bayaran. Geng ini dituduh mendalangi berbagai kejahatan seperti pemerasan, penculikan, dan pembunuhan yang kian meningkat di negara itu.

Sementara itu, Milenio adalah geng yang beroperasi di Jalisco. Laporan sejumlah media menyebut Milenio dan Zetas kini bergabung.

Jalisco dikenal sebagai markas kartel Sinaloa pimpinan gembong narkoba Joaqin "El Chapo" Gusman. Tingkat kekerasan terkait narkoba di negara bagian itu terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Gubernur Jalisco, Emilio Gonzales, menyatakan melalui akun Twitter-nya bahwa dia "sangat marah" atas temuan mayat-mayat itu dan memerintahkan pernyelidikan segera.

Pembuangan mayat dalam jumlah banyak di jalan raya yang sibuk itu meniru kejadian pada September lalu. Ketika itu 35 tubuh tak bernyawa ditemukan di dalam dua truk yang diparkir begitu saja di bawah jalan layang di kota pelabuhan Veracruz.

Pihak berwenang menduga pembunuhan mengerikan itu berkaitan dengan geng Sinaloa yang juga menyebut diri mereka "Pembunuh Zetas".

Ketiga mobil boks berisi mayat itu diparkir tak jauh dari convention hall tempat diselenggarakannya Pameran Buku Internasional Guadelajara, salah satu event paling penting bagi negara-negara berbahasa Spanyol. Pameran yang akan dibuka akhir pekan ini bakal dihadiri sejumlah penulis kondang, termasuk penerima Hadiah Nobel Sastra Mario Vargas Llosa dan Herta Muller.

Sehari sebelumnya terjadi peristiwa serupa. Sebanyak 17 mayat yang hangus ditemukan di dua kendaraan di Culiacan, negara bagian Sinaloa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com