Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Mayat Hangus Ditemukan di Dua Kendaraan

Kompas.com - 24/11/2011, 10:05 WIB

MEXICO, CITY, KOMPAS.com - Dua kendaraan berisi 16 mayat hangus ditemukan di Culiacan, ibu kota negara Sinaloa, Meksiko barat laut, Rabu (23/11/2011) pagi. Para pejabat mengatakan, itu merupakan pesan mengerikan dari persaingan antar geng narkoba di wilayah yang tercabik kekerasan itu.

Kendaraan-kendaraan itu ditemukan terpisah, sekitar lima kilometer, kata Martin Gasteum, juru bicara kantor kejaksaan negara bagian Sinaloa, kepada AFP melalui telepon. "Di dalam (kendaraan) pertama ditemukan 12 mayat, dan di kendaraan kedua, empat mayat," kata Gasteum.

Para petugas pemadam kebakaran menerima panggilan darurat saat fajar untuk memadamkan api di kendaraan pertama, kemudian mendapat panggilan lagi untuk memadamkan api di mobil kedua sekitar sepuluh
menit kemudian, kata Gasteum. Negara pantai itu merupakan basis dari salah satu raja obat bius paling terkenal Meksiko, Joaquin "El Chapo" (si Pendek) Guzman, kepala kartel narkoba yang berpengaruh di Sinaloa.

Sesosok tubuh perempuan ditemukan di kendaraan pertama, sementara salah satu korban di kendaraan kedua telah dipenggal dan kepalanya tertinggal di tanah, kata Gasteum. Laporan awal menunjukkan, para korban sebelumnya ditembak mati, kemudian mayat mereka didorong ke tempat di mana mobil-mobil itu dibakar.  "Tidak ada tanda-tanda kekerasan di lokasi tubuh mereka  ditinggalkan," kata Gasteum.

Gubernur Sinaloa, Mario Lopez Valdez, mengatakan, kekerasan itu dapat menjadi "pesan di antara kelompok-kelompok kriminal."

Empat orang tewas ditembak, Rabu, di kota di utara Culiacan, tetapi Gasteum mengatakan, insiden itu tidak terkait dengan pembakaran kendaraan yang menelan banyak korban.

Secara terpisah, Angkatan Darat Meksiko mengumumkan bahwa pada Selasa, pihaknya telah menyita 1,7 ton ganja setelah sopir dan penumpang truk meninggalkannya di Culiacan. Sinaloa, di pantai Samudera Pasifik Meksiko, merupakan salah satu rute tersibuk untuk gerakan ilegal obat bius ke utara, ke Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com