Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKW Karawang Meninggal di Rumah Majikan di Kuwait

Kompas.com - 24/11/2011, 00:53 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com - Seorang tenaga kerja wanita asal Desa Sukatani, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dikabarkan meninggal dunia di rumah majikannya di Kuwait.

Kabar meninggalnya tenaga kerja wanita bernama Sopiah binti Sudirman (23) itu diterima pihak keluarganya di Dusun Kosambilempeng Barat, Desa Sukatani, Kecamatan Cilamaya Wetan, Karawang, pada Rabu (23/11//2011) melalui faksmili Kedutaan Besar RI di Kuwait.

Suami Sopiah Komarudin mengatakan, istrinya berangkat ke luar negeri untuk menjadi TKW pada Mei 2009 melalui Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) PT Alpindo Mas Buana yang beralamat di Cipinang, Jakarta Timur.

"PJTKI yang memberangkatkan isteri saya sempat ke rumah mengabarkan meninggalnya isteri saya. Tetapi tidak sempat bertemu karena saat itu saya sedang bekerja," kata Komarudin.

Ia beserta keluarga mengaku kaget mendengar kabar duka itu. Selanjutnya, pihak keluarga yang didampingi aktivis Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Karawang langsung mendatangi PJTKI terkait.

Setelah itu, baru diketahui kepastian kabar meninggalnya Sopiah itu dari faksmili Kedutaan Besar RI di Kuwait.

Ia mengaku pihak keluarga hanya sempat berhubungan atau berkomunikasi kepada Sopiah pada tahun pertama bekerja di luar negeri. Tahun-tahun berikutnya jarang sekali berkomunikasi, hingga sampai kabar kalau Sopiah meninggal dunia di rumah majikannya.

Pihak keluarga belum mengetahui secara pasti kapan jenazah Sopiah dipulangkan. Sebab, PJTKI yang memberangkatkan Sopiah pun tidak bisa memastikan waktu kepulangan jenazah tersebut, saat ditanyakan pihak keluarga mengenai hal itu.

Aktivis SBMI Karawang Bobby Maarif mengatakan, pihaknya bersama keluarga Sopiah sudah mendatangi PJTKI terkait dan juga mendatangi Kementerian Luar Negeri, di Jakarta.

"Kabar terakhir yang kami terima dari pihak KBRI, melalui faksmili tertanggal 14 November 2011, Sopiah meninggal dunia pada 21 Oktober 2011. Untuk penyebab pasti kematian Sopiah masih kami cari informasinya. Sekarang kami sedang mengurus administrasi pemulangan jenazah," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com