Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suami Kedua Anggota DPRD Merasa "Dikibuli"

Kompas.com - 18/11/2011, 13:18 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Perkawinan antara Lm, anggota DPRD Jawa Timur dengan pria kedua, memang benar adanya. Begitulah pengakuan Tg, sang suami kedua. Tg menyebutkan, pernikahan terjadi ketika Lm masih sah menjadi istri Pu.

“Saya memang menikah siri dengan dia. Ya sesuai syarat perkawinan menurut agama itu," kata Tg dalam sebuah perbincangan dengan Harian Surya, di Surabaya.

Saat dihubungi lewat telepon, Tg mengaku sedang berada di luar Surabaya. Namun, dia membenarkan telah menikah dengan Lm. Pernikahan itu dilakukan di Solo pada 21 Mei 2009 lalu.

Menurut Tg, perkawinan siri dijalaninya karena Lm yang merupakan teman sekolahnya di masa SMA tersebut, mengaku sudah bercerai dengan suaminya, Pu. Perkawinan siri itu pun disaksikan keluarga besar Tg.

Di depan keluarga besarnya, Tg beralasan kawin siri karena yang bersangkutan masih dalam proses cerai. Kawin formal akan dilakukan, jika proses perceraian Lm sudah tuntas. Namun, belakangan Lm menolak ketika diajak menikah formal.

Tg merasa kaget ketika belakangan diketahui, ternyata Lm masih menjadi istri sah Pu. “Saya benar-benar telah dibohongi,” katanya, seperti diberitakan Surya, Kamis (17/11/2011).

Karena itulah, masalah tersebut dilaporkannya kepada Badan Kehormatan (BK) DPRD Jatim. "Saya sudah sampaikan ke BK semuanya melalui surat, tanpa ada yang saya tutup-tutupi," katanya.

Dalam surat pengakuannya ke pada BK beberapa waktu lalu, Tg menyebut, sebelum kawin siri dilakukan, ia sempat all out membantu Lm melakukan kampanye, untuk menjadi anggota DPRD Jatim yang kedua kalinya.

Selain menyampaikan pengakuan ke BK, Tg mengaku juga sudah pernah diundang DPD PDIP Jatim. "Malah saat itu, saya dipertemukan bertiga (dengan Pu dan Lm)," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com