Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Anak TK Tabrakan, 19 Orang Tewas

Kompas.com - 16/11/2011, 15:18 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Sebanyak 19 orang, 17 di antaranya anak-anak, tewas dalam tabrakan antara sebuah bus sekolah yang kelebihan beban dengan sebuah truk di China barat laut, Rabu (16/11/2011), kata pemerintah dan media lokal.

Bus itu membawa 64 orang ketika kecelakaan tersebut terjadi pada pukul 09.40 waktu setempat (08.40 WIB) di kota Yulinzi, Provinsi Gansu, lapor kantor berita Xinhua, yang mengutip pejabat keamanan setempat. Dua orang dewasa - dilaporkan seorang sopir dan seorang guru - termasuk di antara mereka yang tewas dalam kecelakaan itu, kata seorang pejabat bermarga Du dari biro keamanan Gansu kepada kantor berita AFP. Sebanyak 45 orang lainnya cedera, 13 orang dalam kondisi serius, lapor Xinhua. Bus tersebut berasal dari sebuah TK setempat.

Sebuah foto di-posting situs web China National Radio, yang dikatakan berasal dari lokasi kecelakaan, menunjukkan sebuah bus oranye yang rusak parah. Bagian depannya hancur akibat benturan dan sebuah truk merah berada di tengah jalan. Dua kendaraan itu berhadap-hadapan dan dikelilingi puing-puing.

Korban cedera telah dibawa ke rumah sakit setempat dan penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki.

Kecelakaan fatal itu merupakan yang terbaru dalam serial kecelakaan di jalan-jalan China yang terkenal berbahaya, di mana para sopir sering melanggar hukum keselamatan berlalu lintas. Setidaknya 35 orang tewas dan 18 cedera bulan lalu ketika sebuah bus terguling setelah bertabrakan dengan sebuah mobil di sebuah jalan raya dekat kota pelabuhan Tianjin, di utara negera itu.

Hampir 70.000 orang meninggal dalam kecelakaan di jalan raya di China pada 2010, atau sekitar 190 kematian per hari, menurut statistik polisi. Angka itu turun dari hampir 99.000 kematian akibat 450.000 kecelakaan pada tahun 2005.

Namun sebuah penelitian yang diterbitkan pada awal tahun ini oleh Buletin bulanan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menantang data statistik kepolisian itu. Penelitian tersebut mengatakan, kematian akibat kecelakaan di jalanan yang ditabulasi otoritas kesehatan hampir dua kali lipat dari jumlah yang dimiliki polisi. Penelitian tersebut juga mengungkapkan, angka kematian di jalanan tidak menurun dalam beberapa tahun terakhir seperti kata polisi. Yang terjadi justru angkanya meningkat karena pasar mobil di China naik drastis. Penjualan mobil di China mencapai 18,06 juta unit pada 2010, naik 32 persen dari tahun sebelumnya, saat bangsa itu mengambil alih gelar pasar top mobil dunia dari Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com