Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.000 Yuan untuk Perbuatan Baik

Kompas.com - 02/11/2011, 19:08 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Nukilan cerita Alkitab Kristen tentang "orang Samaria yang baik hati" kembali mengemuka dalam kisah nyata perbuatan seorang perempuan Uruguay di China. Perempuan itu bernama Maria Fernanda Gomez Arregui.

Pada Kamis (13/10/2011), bersama suaminya, Maria tengah berjalan kaki bersama suaminya di kawasan Danau Barat, Hangzhou. Lalu, ia melihat seorang perempuan China paruh baya yang nyaris tenggelam.

Tanpa banyak pikir panjang, Maria terjun ke danau dan menyelematkan perempuan yang tak dikenalnya itu. Usai menyerahkan perempuan malang itu ke polisi, pasangan suami istri itu pun pergi.

Menurut warta Xinhua pada Rabu (2/10/2011), adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat (NGO) asal Hangzhou yang menaruh perhatian pada perbuatan baik Maria. "Kami memutuskan memberikan penghargaan berbentuk uang 3.000 yuan untuk Maria," kata Sekretaris Jenderal Yayasan untuk Keadilan dan Kepedulian Hanzhou Jiang Jiansheng.

Sejatinya, cerita mengenai "Orang Samaria yang baik hati" adalah perumpamaan tentang penolong sesama tanpa peduli latar belakang, asal-usul, agama, bahkan nama orang yang ditolongnya. Di negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Australia, ada undang-undang yang mengatur ganjaran baik bagi warga atau siapa pun yang berbuat macam itu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com