Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat PNG Jatuh di Hutan, 28 Penumpang Tewas

Kompas.com - 14/10/2011, 09:41 WIB

PORT MORESBY, KOMPAS.com — Dua puluh delapan orang tewas dan empat orang lainnya selamat ketika pesawat yang mereka tumpangi jatuh di wilayah hutan terpencil di Papua Nugini (PNG), pejabat Australia mengatakan, Jumat (14/10/2011).

Pada kecelakaan yang terjadi Kamis (13/10/2011) itu, di antara yang selamat adalah dua pilot yang masing-masing berkewarganegaraan Australia dan Selandia Baru, ungkap Departemen Urusan Luar Negeri dan Perdagangan.

Menurut juru bicara Komisi Penyelidik Kecelakaan PNG, Sid O'Toole, pesawat Dash 8 milik Airlines PNG itu jatuh saat terbang dari Lae ke Madang, sebuah pusat resor di wilayah utara negeri itu.

Pesawat berbaling-baling ganda itu jatuh sekitar 20 kilometer arah selatan Madang, kata O'Toole. Polisi dan ambulans sudah berhasil mencapai lokasi kecelakaan dan para penyelidik menuju ke lokasi pada Jumat ini.

Televisi Australian Broadcasting Corp melaporkan, menurut warga Madang, terjadi badai hebat di area itu ketika kecelakaan terjadi.

Dalam pernyataannya, Airlines PNG menyebut penyelidikan tentang penyebab kecelakaan sedang dilakukan. Untuk sementara, pihak maskapai tidak mengoperasikan 12 armada Dash 8 milik mereka.

Sebagian besar penumpang pesawat adalah para orangtua yang hendak menghadiri wisuda anak-anak mereka di Madang, Australian Associated Press melaporkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com